Penumpang Berjatuhan Akibat Ekskalator Stasiun Manggarai Eror, KAI Commuter Buka Suara
- VIVA/M Ali Wafa
Jakarta – KAI Commuter memohon maaf atas kendala layanan pengguna Commuter Line di Stasiun Manggarai, yang terjadi pada hari Rabu sore, 21 Februari 2024 sekitar pukul 18.06 WIB.
External Relations & Corporate Image Care KAI Commuter, Leza Arlan mengatakan, kendala layanan yang terjadi itu merupakan akibat dari tidak normalnya operasional eskalator, yang berada di Stasiun Manggarai.
"Sehingga menyebabkan terganggunya flow pengguna yang akan menuju peron 11 dan 12," kata Leza dalam keterangannya, Kamis, 22 Februari 2024.
Dia merinci, kejadian bermula pada salah satu eskalator di hall lantai 1, yang mengarah ke peron 11-12 Stasiun Manggarai. Di mana, ekskalator yang normalnya mengarah ke atas menuju peron, secara tiba-tiba justru malah berbalik ke arah bawah.
"Kejadian tersebut membuat beberapa pengguna yang pada saat itu sedang berada di eskalator menuju ke arah peron terjatuh," ujarnya.
Meski demikian, KAI Commuter memastikan bahwa kejadian tersebut tidak menimbulkan korban. Petugas pengamanan yang tengah berjaga di sekitar eskalator pun secara sigap langsung membantu para pengguna, yang terjatuh akibat kejadian tersebut.
"Agar tidak terjadi hal serupa, KAI Commuter menutup eskalator tersebut dan berkoordinasi dengan DJKA, dalam hal ini Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas 1 Jakarta, untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan eskalator," kata Leza.
Selain fasilitas eskalator dan lift yang diperuntukkan untuk pengguna prioritas saat menuju peron 11 dan 12, Stasiun Manggarai juga menyediakan fasilitas tangga manual di sisi selatan dan di tengah hall lantai 1 stasiun. KAI Commuter pun mengajak kepada pengguna yang masih mampu menggunakan tangga manual, untuk menggunakannya saat akan menuju peron atau sebaliknya.
"KAI Commuter juga mengimbau untuk selalu mengutamakan keselamatan, dengan selalu mengikuti arahan dan informasi dari petugas di stasiun," ujarnya.