Garap Bisnis di Sektor Energi Primer, PLN Teken MoU dengan Perusahaan Jepang

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo
Sumber :
  • Antara

Jakarta – PT PLN (Persero) melalui subholding PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI), meneken nota kesepahaman dengan perusahaan asal Jepang, JERA Co. Inc, guna menjajaki peluang kerja sama strategis dalam bidang suplai, optimasi rantai pasok, dan infrastruktur LNG untuk PLN Group.

Jadi Tokoh PR Paling Berpengaruh 2024, Selly Adriatika: Implementasi Sustainability Paling Krusial

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menegaskan, kemitraan ini bertujuan untuk memperkuat hubungan kolaboratif dengan perusahaan energi terdepan dunia, terutama dalam pelaksanaan manajemen energi primer.

"Ini adalah permulaan journey untuk mentransformasikan PLN EPI, menjadi perusahaan energi primer kelas dunia. Tidak hanya untuk LNG, tetapi juga energi hijau alternatif lain seperti hidrogen. Kami sadar bahwa hidrogen adalah energi masa depan," kata Darmawan dalam keterangannya, Senin, 12 Februari 2024.

Bakal Diresmikan Jokowi Agustus 2024, Luhut Geber Proyek Fasilitas Sampah Jadi Listrik di Jabar

Dia menjelaskan, kerja sama ini akan menitikberatkan pada sejumlah aspek, seperti pengadaan, optimasi pasokan, pengembangan midstream LNG, serta pengembangan sumber daya manusia untuk aspek komersial dan pasar LNG.

PLN Indonesia Power sinkronisasi pasokan listrik dari Barge Mounted Power Plant (BMPP) Nusantara 1 ke Sistem Ambon

Photo :
  • Dok. PLN Indonesia Power
Kejadian Lagi, Pesawat Boeing ANA Anjlok Sesaat dalam Penerbangan ke Nagoya

Selain itu, kerja sama ini juga mencakup pengembangan dan optimalisasi potensi amonia hijau atau biru, dan hidrogen hijau atau biru untuk proyek penggantian bahan bakar fosil.

"Hidrogen hijau adalah salah satu solusi dalam menghadapi peralihan energi. Oleh karena itu, pengembangan hidrogen hijau menjadi fokus utama kami dalam usaha mempercepat transisi energi," ujarnya.

Sementara, Executive Officer, Head of the Platform Business Group JERA, Shinsuke Nakayama mengatakan, JERA dan PLN EPI memiliki kemiripan karakteristik, serta kesamaan visi dan model bisnis. Hal itu karena keduanya merupakan perusahaan yang pada awalnya sama-sama dibentuk, untuk mengonsolidasikan energi primer oleh perusahaan listrik terbesar di negara masing-masing.

Karenanya, Nakayama pun menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk mendukung PLN EPI, dalam upaya mereka mengembangkan rantai pasok energi primer yang andal untuk Indonesia.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo

Photo :
  • Dok. PLN

"Kami tahu PLN saat ini sedang mengembangkan bisnis dan memperkuat rantai pasok energinya. Sehingga kami sangat senang dapat bergabung dan mendukung journey PLN, untuk menyediakan suplai energi yang andal untuk Indonesia,” ujarnya.

"Kami berharap kolaborasi ini mampu menciptakan masa depan yang lebih cerah untuk Indonesia dan PLN melalui dekarbonisasi sektor energi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya