Bandara Ngurah Rai Jadi Bandara AP I Tersibuk Sepanjang 2023

Suasana Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali
Sumber :
  • Maha Liarosh (Bali)

JakartaBandara I Gusti Ngurah Rai Bali menjadi bandara tersibuk di sepanjang tahun 2023. Dengan jumlah pergerakan penumpang terbanyak yang mencapai 21.454.012 pergerakan.

Harvey Moeis 32 Kali Naik Jet Pribadi Bukan Miliknya Tanpa Menyewa, Kok Bisa?

Bandara kelolaan PT Angkasa Pura I (AP I) ini mengalami pertumbuhan pergerakan penumpang yang sangat signifikan, yakni sebesar 71 persen dibandingkan dengan jumlah pergerakan penumpang pada 2022 yang sebanyak 12.523.546 pergerakan.

Direktur Utama AP I, MMA Indah Preastuty menjelaskan, pihaknya juga mencatat bahwa tingkat pemulihan (recovery rate) jumlah pergerakan penumpang Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mencapai 89 persen pada tahun 2023, dibandingkan dengan periode tahun 2019.

Joget Bungbung Kolosal di Tengah Jalan Meriahkan Panglipuran Festival Village 2024 di Bali

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Photo :
  • Maha Liarosh (Bali)

"Tingginya angka pergerakan penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menjadi sebuah pertanda, bahwa minat masyarakat untuk berwisata semakin pulih seiring waktu. Dan tentunya, Bali sendiri masih menjadi destinasi pariwisata unggulan yang semakin diminati," kata Indah dalam keterangannya, Senin, 22 Januari 2023.

Ada MXGP Seri Ke-2 di Lombok, ASDP Operasikan 23 Kapal Penyeberangan dari Bali

Dia merinci, jumlah pergerakan penumpang Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang sebanyak 21.454.012 pergerakan itu, terdiri atas 9.918.573 pergerakan penumpang rute domestik dan 11.535.439 pergerakan penumpang rute internasional.

Dengan jumlah itu, Indah memastikan bahwa Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menjadi satu-satunya bandara AP I, dengan jumlah pergerakan penumpang rute internasional yang lebih tinggi dibandingkan rute domestik.

Suasana Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Photo :
  • Maha Liarosh (Bali)

"Jumlah pergerakan penumpang rute internasional yang keluar masuk ke Bali tahun 2023, juga mengalami lonjakan pertumbuhan yang sangat mengesankan, yakni sebesar 83 persen," ujar Indah.

Tingginya angka pergerakan penumpang yang dilayani Bandara Ngurah Rai Bali sepanjang tahun 2023 itu, diakui Indah juga turut dipengaruhi oleh tingginya jumlah reaktivasi dan pembukaan rute baru, yang dilakukan oleh berbagai maskapai penerbangan nasional dan internasional.

"Dimana terdapat sebanyak 69 reaktivasi dan pembukaan rute baru domestik, serta 69 reaktivasi dan pembukaan rute baru internasional. Catatan ini juga merupakan yang tertinggi dari bandara-bandara AP I lainnya," ujarnya.

Sebagai informasi, sepanjang tahun 2023, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali telah melayani 57 rute penerbangan, yang terbagi menjadi 20 rute domestik yang dilayani 11 maskapai, serta 37 rute internasional yang dilayani 37 maskapai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya