Jokowi Optimis Ekonomi Indonesia di Tahun 2024, Ini Alasannya

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo
Sumber :
  • BRI

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimis dengan ekonomi Indonesia di tahun 2024. Kepala Negara menyebut terdapat 32 negara anggota Asian Development Bank (ADB) dari 57 negara anggota yang ekonomi dan keuangan fiskalnya berat.

Guru Besar FEB UI: Pembangunan Infrastruktur Era Jokowi Sudah Dirasakan Manfaatnya

"Tapi memasuki 2024 ini kita tidak punya alasan untuk tidak optimis. Tahun 2024 saya namai tahun yang harus penuh dengan optimisme," kata Presiden Jokowi di Seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia di Hotel St Regis, Jakarta Selatan, Jumat, 22  Desember 2023.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan pers dari Washington DC

Photo :
  • Setpres
Jokowi Bertolak ke Kaltim, Hadiri Nusantara TNI Fun Run di IKN

Presiden Jokowi menjelaskan alasan dirinya optimis. Pertama, kata dia, di sepanjang triwulan di tahun 2023 ekonomi Indonesia masih tumbuh di kisaran 5 persen. Itu, kata menurut Gubernur DKI Jakarta itu, jauh lebih tinggi dari rata-rata negara di dunia yang hanya 2,9 persen.

Faktor kedua, yakni mengenai inflasi Indonesia yang mampu dijaga dikisaran 2,86 persen. Padahal, kata Jokowi, negara-negara lain sangat kesulitan menjaganya dan jauh di bawah rata-rata inflasi global yang berkisar 7,2 persen.

Jokowi sebut Dialog Bisa Jadi Kunci untuk Menghindari Konflik di Timur Tengah

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

"Indikator-indikator lain juga baik, penyerapan tenaga kerja naik 4,15 juta orang dari Agustus 2022 ke 2023. PMI manufaktur November 2023 masih berada di level ekspansif yaitu 51,7. Neraca perdagangan masih surplus dan sudah surplus 43 bulan berturut-turut," imbuhnya.

Transaksi digital.

Peluang Besar RI Jadi Penguasa Ekonomi Digital di ASEAN

Indonesia berpotensi menjadi pasar ekonomi digital terbesar di ASEAN. Hal ini seiring dengan 40-50 persen ekonomi digital ASEAN ada di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
5 Oktober 2024