OCS Ungkap Pentingnya Implementasi ESG di KEK Wisata Medis Sanur
- Maha Liarosh (Bali)
Bali – Managing Director OCS Group Indonesia Jeffry Johary menegaskan pentingnya kolaborasi dalam mewujudkan upaya-upaya mendorong implementasi Environmental, Social, and Governance (ESG) di Indonesia. Khususnya di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) bidang pariwisata dan medis
Karena itulah perusahaan menginisiasi pembuatan ESG Playbook bagi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Yang, dirancang khusus bagi KEK Sanur di provinsi Bali.
“Sebagai perusahaan global penyedia facilities services yang mengedepankan solusi teknologi dan berkomitmen kuat terhadap ESG, kami mendorong kolaborasi guna mendukung inisiatif-inisiatif terdepan,” ujar Jeffry dikutip dari keterangannya, Selasa, 12 Desember 2023.
Dia menejelaskan, ESG Playbook tersebut, sebagai panduan dalam aktivitas-aktivitas ESG, akan berperan penting dalam upaya pencapaian tujuan keberlanjutan di KEK Sanur. Meluncurkan inisiatif ini, OCS Group Indonesia menyelenggarakan Workshop ESG di KEK Sanur pekan lalu.
Workshop ini menghadirkan Jeffry Johary, Managing Director OCS Group Indonesia; Doddy A. Matondang, President Director PT Hotel Internasional Sanur Indonesia (HISI); dan Peter Seeley, Head of ESG OCS Group, sebagai pembicara utama.
“Bersama dan beriringan dengan PT HISI, kami akan menyelaraskan KEK Sanur dengan tren keberlanjutan global, menjadikan KEK lebih menarik dan bermanfaat secara jangka panjang melalui pengembangan ESG Playbook yang pertama kalinya ini dibuat di Kawasan-Kawasan Ekonomi Khusus,” tutur Jeffry.
PT HISI, perusahaan penyelenggara KEK Sanur, merupakan anak perusahaan PT Hotel Indonesia Natour (HIN), bagian dari PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero). KEK Sanur yang memprakarsai pengembangan konsep health and wellness, adalah KEK Kesehatan pertama di Indonesia yang mengedepankan wellbeing, didukung dengan pesona alam pantai Bali.
KEK Sanur memiliki visi menjadi destinasi pariwisata premier melalui keunggulan wisata medis dan kesehatan, menawarkan pengalaman pelanggan (customer experience) yang terintegrasi dengan layanan-layanan kesehatan sekaligus pariwisata. Layanan tersebut di antaranya meliputi: pelayanan kesehatan, hotel atau penginapan, akomodasi MICE (Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions), taman etnobotani, dan pusat komersial.
Pengembangan KEK Sanur merupakan transformasi strategis, yang memposisikan Indonesia sebagai pusat medis dan kesehatan berkelas dunia. Doddy A. Matondang, President Director PT HISI, menekankan pentingnya ESG Playbook dalam mengembangkan kredibilitas dan profesionalisme KEK Sanur.
“ESG Playbook memberikan kerangka dalam mengintegrasikan praktik-praktik yang berkelanjutan ke dalam operasional dan pengembangan area ini sehingga dapat menjadi yang terdepan di industri, baik itu pada lingkup nasional maupun internasional,” tambahnya.
“Dengan menekankan pada tanggung jawab lingkungan, inklusivitas sosial, dan tata kelola perusahaan yang baik, ESG Playbook akan membantu KEK dalam menarik lebih banyak investor, membangun ketahanan, dan berkontribusi secara positif pada ekosistem dan masyarakat sekitar,” tutur Doddy.
Sementara itu, Head of ESG dari OCS Group, Peter Seeley, menambahkan bahwa melalui kelancaran dan keberhasilan pengembangan ESG Playbook untuk KEK Sanur nantinya, OCS akan membantu dalam memberikan kontribusi melalui pengetahuan dan pengalaman global yang dimilikinya.
“Dengan berfokus pada tindakan-tindakan yang tepat di dua hal tersebut, dan menjalin kerja sama erat dengan kolega kami, pelanggan kami, pemasok, serta warga sekitar, kami dapat memainkan peran utama dalam memastikan keberhasilan upaya-upaya yang dilakukan demi kebaikan generasi masa depan,” jelas Peter.