Sandiaga Uno Rumuskan Formula Pastikan TikTok Shop Genjot Promosi Produk UMKM

Ilustrasi TikTok.
Sumber :
  • Istimewa.

Solo – Kementerian Koperasi dan UMKM (Kemenkop UMKM) serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), saat ini sedang menggodok regulasi untuk melindungi dan mendukung para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Salah satunya aturan main terkait TikTok Shop.

PNM dan BPOM Ungkap Cara UMKM Pangan Naik Kelas

Merespons terkait hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan, wacana penutupan TikTok Shop di Indonesia secara penuh dinilai kurang tepat.

Karena itu, melalui Kemenparekraf, Sandiaga meminta masyarakat untuk memberikan masukan kepada pemerintah terkait wacana tersebut. Sehingga diharapkan dapat keputusan yang terbaik.

WE Finance Code Dorong Pengembangan Pelaku UMKM Perempuan

"Kita lagi merumuskan. Dan teman-teman, mohon berikan masukan," ujar Sandiaga Uno dalam acara Pelatihan Branding dan Digital Marketing di Heterospace, Solo, dikutip dari keterangannya, Rabu, 20 September 2023.

Sandiaga Uno

Photo :
  • tvOne/ Didiet Cordiaz
Shopee Ungkap Penjualan Produk UMKM Brand Lokal Naik 7 Kali Lipat pada Momen Ini

Sandiaga mengatakan, pihak pemerintah berusaha keras untuk memastikan bahwa TikTok Shop tidak merugikan pelaku UMKM di Tanah Air. Sehingga pada akhirnya justur bisa menjadi suatu ekosistem yang saling menguntungkan.

"Jika dilakukan pelarangan total, ini akan berdampak negatif kepada pengguna TikTok yang sudah mencapai lebih dari 100 juta," ungkap Sandiaga Uno.

Lebih lanjut menurut Sandiaga, Kemenparekraf tengah aktif memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM di berbagai daerah. Termasuk mendorong untuk memanfaatkan media sosial, termasuk TikTok, sebagai alat untuk mengembangkan bisnis mereka. 

"Saya khawatir bahwa pelarangan total TikTok justru akan mengganggu para pelaku UMKM yang telah menggunakan platform ini sebagai salah satu alat promosi yang efektif," lanjutnya.

Menparekraf Sandiaga Uno saat kunjungan kerja ke kawasan Danau Toba, Sumut

Photo :
  • VIVA/BS Putra

Sandiaga mencatat, beberapa pelaku UMKM merasa dirugikan dengan keberadaan media sosial TikTok, terutama terkait persaingan harga yang tidak sehat setelah TikTok meluncurkan platform jual-belinya. Dengan regulasi yang sedang digodok, diharapkan dampak negatif ini dapat dicegah.

"Regulasi sedang dalam tahap perumusan, dan tentunya harus berpihak kepada UMKM. Regulasi ini harus mampu memberdayakan dan menciptakan lapangan kerja bagi pelaku ekonomi Indonesia,” ungkapnya.

“Kami akan memastikan bahwa TikTok membantu dalam promosi produk-produk UMKM dan juga meningkatkan omset bagi pelaku UMKM yang menggunakan platform TikTok Shop," tutup Sandiaga.

Ilustrasi wanita muslimah di Halal Expo Istanbul 2024

Halal Expo Istanbul Jadi Ajang Promosi Produk UMKM Indonesia

Halal Expo 2024 di Istanbul tampil megah dengan segmen Modest Fashion, menampilkan brand internasional & dukungan PT KAI, promosikan kreativitas UMKM Indonesia ke dunia.

img_title
VIVA.co.id
18 Desember 2024