ISEI Yakin Hilirisasi Pertanian dan Perkebunan Bisa Dongkrak Perekonomian Daerah

Ilustrasi pertanian.
Sumber :
  • Mustakim

Jakarta – Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Perry Warjiyo meyakini, perekonomian daerah dapat ditingkatkan dengan menggenjot hilirisasi di sektor pertanian dan perkebunan. Pria yang juga dikenal sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) itu mengatakan, itu bisa terjadi karena berhubungan langsung dengan konsumsi masyarakat, dan akan menjadi penopang suplai makanan serta minuman bagi masyarakat itu sendiri.

Sandiaga Uno Minta UMKM Manfaatkan Peluang Ekonomi Digital 

Apalagi, Perry menegaskan bahwa selama ini sektor konsumsi merupakan salah satu penopang terbesar pertumbuhan ekonomi nasional.

"Karenanya, ISEI mendorong hilirisasi pertanian dan perkebunan, sekaligus dikaitkan dengan UMKM," kata Perry dalam konferensi pers di Gedung BI, kawasan, Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 8 September 2023.

Komitmen Wahono-Nurul Kembangkan UMKM Didukungan Ratusan Pedagang Bojonegoro

Ketua Umum ISEI yang juga Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Dia menambahkan, suplai makanan dan minuman, serta kebutuhan konsumsi masyarakat khususnya dari kalangan milenial akan mendorong ekonomi. Perry berpendapat, hilirisasi pertanian merupakan hal yang sangat penting, karena tidak hanya diproduksi di hulu melainkan juga diproses dan dikaitkan dengan pengembangan UMKM.

Mulai 17 Oktober 2024, Empat Kategori Produk ini Wajib Miliki Sertifikat Halal

Dia menegaskan bahwa para pengusaha pun harus melibatkan sektor UMKM, untuk turut berperan menjadi bagian dari rantai pasok hilirisasi di sektor pertanian dan perkebunan tersebut.

Perry menambahkan, geliat perekonomian daerah antara lain juga turut ditopang oleh konsumsi masyarakat. Khususnya konsumsi yang dilakukan oleh kalangan milenial, yang jumlahnya mencapai 70 persen dari total penduduk Indonesia.

"Di berbagai daerah, khususnya dari kalangan milenial, untuk sektor jasa (konsumsinya) semakin lama semakin meningkat. Ini menjadi daya dukung konsumsi," ujarnya.

Musyawarah Wilayah (Muswil) Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Petani Kelapa Indonesia (DPW APKI) Provinsi Jawa Tengah, di kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan Jawa Tengah (Doc: Istimewa)

Program Hilirisasi Diminta Berpihak kepada Petani

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Petani Kelapa Indonesia (DPN APKI), Soeprihadiono menekankan pentingnya program hilirisasi komoditas kelapa, yang harus tetap ber

img_title
VIVA.co.id
12 Oktober 2024