Cara LPKR Optimalkan Unit Bisnis untuk Beri Dampak Positif bagi Masyarakat

CEO Lippo Karawaci, John Riady.
Sumber :
  • VIVA/Fikri

Jakarta – PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) berupaya memberikan dampak sosial yang positif di tempat operasi bisnisnya. Hal itu dilakukan dengan melibatkan masyarakat melalui berbagai program.

Menkomdigi Meutya Hafid: AI Buka Peluang Bagi UMKM Agar Lebih Kompetitif

Group Chief Executive Officer (CEO) LPKR John Riady menyampaikan bahwa LPKR selalu berupaya menciptakan dampak sosial yang positif dan bermakna di tempat perusahaan beroperasi.

"Karena dukungan untuk masyarakat adalah lebih dari sekadar memberi, namun merupakan jembatan untuk dapat membina kemitraan jangka panjang dengan para pemangku kepentingan," katanya dikutip dalam keterangan tertulis, Selasa, 29 Juli 2023.

Perkaya Pengalaman Berbelanja, Shopee Wujudkan Inovasi bagi Brand Lokal dan Konten Kreator

Lippo Karawaci

Photo :

Salah satu programnya adalah Lippo untuk Indonesia PASTI. PASTI merupakan singkatan dari Pintar-Asri-Sejahtera-Tangguh-Independen. Sejak tahun 2022, dijelaskan bahwa LPKR meluncurkan kerangka kerja grup untuk dukungan dan keterlibatan masyarakat yang bertajuk 'Lippo Untuk Indonesia PASTI'. 

Hibank Gandeng Mitra Strategis Bangun Ekosistem Digital UMKM

Melalui PASTI, LPKR akan memperkuat dampak dengan menyelaraskan upaya tanggung sawab sosial masing-masing unit bisnis dengan prioritas dan target, serta mengajak masyarakat untuk mencapai tujuan bersama. 

Mendukugn SDGs

Inisiatif LPKR yang tercakup dalam PASTI mendukung agenda keberlanjutan Indonesia dan United Nationl Sustainable Development Goals (UN SDGs), serta kebutuhan masyarakat lokal yang dilayani. LPKR juga telah melakukan aktivitas dalam kemitraan dengan lembaga pemerintah daerah dan organisasi nirlaba untuk sekaligus mendukung upaya berkelanjutan mereka.

Lippo untuk Indonesia PASTI juga mewujudkan semangat yang tegas dan berani yang mendorong kemajuan holistik agenda keberlanjutan Indonesia. Di saat yang sama, LPKR juga berkomitmen meningkatkan kualitas hidup bagi semua pemangku kepentingan dalam ekosistem grup, guna memastikan masa depan yang lebih cerah bagi generasi mendatang.

Salah satu implementasi nilai Pintar diwujudkan melalui Pusat Pelatihan Siloam (STC) yang berdiri pada tahun 2019, yang menyediakan program pelatihan medis berkualitas bagi para tenaga kesehatan profesional Indonesia di berbagai bidang, mulai dari perawatan kritis hingga pendidikan seputar COVID-19. 

Pada tahun 2022, STC mengadakan 146 program pelatihan untuk 7.500 tenaga kesehatan profesional yang juga melibatkan pakar-pakar dan penyedia pelatihan pihak ketiga. LPKR juga memberikan bantuan pendidikan kepada siswa sekolah yang kurang mampu di dalam dan sekitar kawasan. 

Subsidi Biaya Sekolah Siswa

Di Lippo Village, LPKR mengadakan bakti sosial untuk mensubsidi biaya sekolah siswa, sedangkan di Tanjung Bunga, Makassar, LPKR mendukung renovasi dua sekolah dasar. Untuk penanaman nilai Asri, LPKR melakukan serangkaian kampanye online dan offline untuk meningkatkan kesadaran akan tujuan lingkungan hidup dan aksi iklim. 

Selain memanfaatkan saluran media sosial dan papan buletin elektronik, LPKR juga mengkurasi berbagai acara bertema lingkungan seperti “Ecoprint Fashion Week” yang mengedukasi masyarakat tentang kelestarian lingkungan dan ekonomi sirkular. Sementara itu, sebagai bentuk dukungan terhadap kampanye Earth Hour setiap tahunnya, mal dan hotel yang bernaung di bawah LPKR, mematikan semua penerangan yang tidak diperlukan.

Menerapkan nilai Sejahtera, LPKR senantiasa memberikan bantuan kepada kelompok rentan, organisasi nirlaba, dan lembaga pemerintah untuk mendukung mereka yang membutuhkan, terutama dalam upaya bantuan bencana.

Selain itu, sejalan dengan komitmen untuk membangun masyarakat yang penuh semangat dan inklusif, LPKR sering menyelenggarakan dan mensponsori acara serta perayaan masyarakat yang menyatukan banyak orang dan mendorong interaksi sosial.

Dalam menerapkan nilai Tangguh, LPKR berperan aktif dalam membantu memerangi COVID-19 dengan mempercepat program vaksinasi nasional, mendistribusikan pasokan medis, mempromosikan langkah-langkah kebersihan yang baik, serta mendorong tindakan keselamatan COVID-19. 

Sejak tahun 2021, dijelaskan bahwa LPKR telah mendukung pemberian lebih dari 1,5 juta dosis vaksin melalui program vaksinasi yang diadakan di mal, kawasan, dan fasilitas kesehatan. Di samping itu, Siloam mengoperasikan 30 klinik kesehatan masyarakat di seluruh Indonesia, 8 di antaranya adalah klinik gratis yang memberikan layanan kesehatan kepada pasien yang kesulitan mendapatkan akses untuk perawatan medis yang sesuai. 

Klinik-klinik ini difasilitasi untuk melakukan pelayanan medis dasar seperti vaksinasi polio, pemeriksaan tekanan darah, pelayanan pertolongan pertama, dan pelayanan rujukan. Pada tahun 2022, Siloam membuka klinik ke-7 di Saman, Papua, sehingga memperluas layanan kesehatan ke lebih banyak daerah pedesaan dan daerah terpencil di wilayah timur Indonesia. 

Dengan dukungan finansial dan operasional penuh dari Siloam, klinik di Papua kini melayani lebih dari 1.700 pasien setiap bulan.

Adapun dalam implementasi nilai Independen, LPKR berkomitmen untuk menyediakan ruang dan platform untuk mempromosikan bisnis lokal dan produk para UMKM, seperti melalui program “Festival UMKM Untuk Indonesia” yang dilakukan oleh Lippo Malls, yang mengkurasi 137 acara yang menampilkan produk-produk lokal buatan UMKM, seperti pakaian batik, kerajinan tangan, dan makanan ringan. Melalui acara tersebut, Lippo Malls mendukung sekitar 3.000 UMKM di 25 kota pada tahun 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya