Siloam Tingkatkan Investasi Digital untuk Pelayanan Maksimal ke Pasien
- siloamhospitals.com
JakartaĀ āĀ PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT LippoĀ Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor pelayanan kesehatan, berkomitmen mengembangkanĀ infrastruktur Informasi Teknologi (IT) untuk meningkatkan pelayanan terhadap pasien danĀ mendorong kinerja perseroan.Ā
Presiden Komisaris SILO sekaligus Group Chief Executive Officer (CEO)Ā LPKR, John Riady mengatakan bahwa SILO terusĀ berinvestasi dalam kualitas layanan untuk memberikan pengalaman pasien secara lebih sempurna.Ā
"PadaĀ Kuartal III-2023, SILO yang saat ini mengoperasikan 41 rumah sakit Siloam yang tersebar di 23Ā provinsi di Indonesia, berkomitmen meningkatkan digitalisasi, termasuk konversi layanan untukĀ memberikan arahan yang tepat dalam melayani pasien," ujarnya dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu, 23 Agustus 2023.
Di saat yang sama, lanjutnya, SILO juga berkomitmen mempertahankanĀ posisinya sebagai penyedia layananĀ healthcareĀ terkemuka dengan memberikan pengalaman pasienĀ yang lebih lancar dan nyaman, didukung oleh kemampuan digitalnya.
Adapun saluran digital SILOĀ sendiri terdiri dari aplikasi MySiloam, situs web Siloam, pusat kontak khusus, dan nomorĀ WhatsApp khusus. SILO juga bekerja sama dengan platform lain seperti AIDO, HaloDoc, danĀ Alodokter.
Pada April 2023, SILO telah menerapkan pembayaran Ekspres sehingga pembayaran layananĀ dilakukan secara mandiri melalui aplikasi MySiloam. Pengiriman obat pun bisa langsungĀ dilakukan via aplikasi tersebut. Pasien juga dapat melihat riwayat kesehatan keluarga, khususnyaĀ anak-anak mereka di portal pasien mereka sendiri.
Mulai April 2023, SILO juga berhasil menerapkan bisnisĀ Online to OfflineĀ (O2O) untuk layananĀ laboratorium dan radiologi, untuk tahap pemesanan dan pembayaran oleh pasien. DenganĀ melakukan ekspansi digital, SILO akan menjangkau pasar yang lebih luas untuk konsumenĀ laboratorium dan radiologi, dengan informasi yang jelas serta aksesibilitas yang lebih baik melaluiĀ platform digital.
Di samping itu, sambungnya, SILO juga menyediakan layanan telechatĀ Doctor on DemandĀ untuk menawarkanĀ perawatan darurat dan janji temu terapi online.Ā
Pasien pun dapat melakukan konsultasi melaluiĀ telepon seperti melaluiĀ video callĀ dengan dokter spesialis dari rumah sakit Siloam. SetelahĀ prosedur diagnostik dan berkonsultasi dengan dokter, pasien dapat terhubung dengan layananĀ farmasi apotek hingga laboratorium rujukan. Ā
SILO juga berhasil mentransformasi perjalanan pasien rawat jalan dengan menerapkan jalurĀ antrean tunggal, di mana pasien hanya perlu mengambil satu nomor antrean selama kunjunganĀ mereka di rumah sakit, termasuk pendaftaran, apotek, dan kasir.Ā
Pada Semester I-2023, fitur iniĀ telah diimplementasikan di 39 rumah sakit Siloam dan telah berhasil mengurangi waktu tungguĀ konsultasi sebesar 25 persen dan mengurangi waktu tunggu kasir sebesar 14 persen.