OJK Terima 12,175 Aduan Konsumen Industri Keuangan hingga Semester I-2023, Terbanyak Perbankan

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

Jakarta –  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan, sampai dengan Semester I-2023 sebanyak 12.175 aduan konsumen jasa keuangan telah diterima. Untuk aduan terbanyak tercatat pada sektor perbankan sebesar 5.656 aduan.

Penjelasan OJK soal Penggeledahan Kantor oleh KPK

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi mengatakan, sejak awal Januari hingga Juli 2023 OJK telah menerima 169.601 permintaan layanan.

"Termasuk 12.175 pengaduan, 36 pengaduan berindikasi pelanggaran. Dan 1.187 sengketa yang masuk ke dalam Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK)," kata Friderica dalam konferensi pers dikutip Jumat, 4 Agustus 2023.

Samator Indo Gas Bukukan Laba Bersih Rp 85,5 Miliar Kuartal III-2024

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi.

Photo :
Setelah Bank Indonesia, Giliran KPK Geledah Kantor OJK soal Korupsi Dana CSR
Kiki begitu panggilan akrabnya mengatakan, sebanyak 2.913 merupakan pengaduan industrifinancial technology. Kemudian 2.379 merupakan pengaduan industri perusahaan pembiayaan, 1.008 merupakan pengaduan industri asuransi, serta sisanya merupakan layanan sektor pasar modal dan IKNB lainnya.

"Terkait dengan pengaduan yang masuk melalui Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen (APPK) tersebut, OJK terus mendorong penyelesaian pengaduan, baik yang berindikasi sengketa maupun yang tergolong indikasi pelanggaran," ujarnya.

Kiki menjelaskan, dari aduan itu sebanyak 9.956 pengaduan atau 81,77 persen telah diselesaikan penanganannya melalui proses Internal Dispute Resolution oleh PUJK. Sedangkan sebanyak 2.219 pengaduan atau 18,23 persen dalam proses penyelesaian.

IDEA Expo 2024

Beragam Inovasi dan Kolaborasi, Ajang IDEA Expo 2024 Panen Apresiasi

Gelaran ini sukses mempertemukan inovator, pelaku usaha serta mitra yang tepat guna memperkuat sinergi dalam membangun sumber daya manusia yang tangguh dan berdaya saing.

img_title
VIVA.co.id
22 Desember 2024