VIVA Catatkan Pertumbuhan Pendapatan Lebih Baik dari Industri pada 2022
- VIVA/Anisa Aulia
Jakarta – PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) berhasil membukukan total pendapatan iklan Rp 1,7 triliun pada 2022. Hal itu disampaikan oleh Managing Director VIVA Arief Yahya dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).
"Sepanjang tahun 2022 Perseroan total pendapatan iklan Rp 1,70 triliun, turun 6,27 persen dari tahun sebelumnya Rp 1,81 triliun. Penurunan ini karena ketidakpastian penerapan tahapan ASO (Analog Switch Off) yang membuat pengiklan bersikap wait and see," kata Arief di The Convergence Indonesia, Jakarta, Kamis, 20 Juli 2023.
Lebih Baik Dibanding Pertumbuhan Industri
Meski demikian, kata Arief, pertumbuhan pendapatan Perseroan masih lebih baik dibandingkan dengan pertumbuhan industri yang turun sebesar 9,9 persen.
Arief menegaskan, dari sisi operasional Perseroan tetap mengedepankan strategi efisiensi dalam pola programming yaitu dengan melakukan akuisisi program berbiaya relatif rendah. Sehingga biaya program dan siaran dapat ditekan hingga 38 persen menjadi Rp 724,4 miliar dibandingkan Rp 753 miliar di tahun 2021.
Sementara itu, Presiden Direktur VIVA, Anindya Novyan Bakrie mengatakan, pada semester I-2023, portal berita VIVA.co.id meraih rata-rata 64 juta pageviews per bulan dan menjadi bagian dari Top 20 Digital Publisher di Indonesia.
"Yang dicapai melalui pengembangan bisnis berbasis kemitraan dengan 21 subdomain partner di berbagai daerah. Performa YouTube viva.co.id dengan rata-rata 37 juta views per bulan menobatkannya sebagai Top 10 Video Views Digital Publisher di Indonesia. Di ranah media sosial (Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok), viva.co.id mendapatkan rata-rata impression sebesar 54,2 juta per bulan," jelasnya.
tvOnenews.com Catat Lonjakan Pageviews hingga 840 Persen
Anin melanjutkan, selama tahun 2022, tvonenews.com mencatatkan lonjakan pageviews hingga 840 persen atau rata-rata 31,2 juta pageviews per bulan dari tahun sebelumnya 3,3 juta.
"Peningkatan produksi artikel berita berkolaborasi dengan beberapa mitra menjadi kunci keberhasilan tvonenews.com. Portal digital tvOne tersebut telah membangun 8 kanal daerah di Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Pulau Sumatera dan Sulawesi," kata dia.
Sementara itu, untuk memperluas distribusi konten dan viewers-nya, terutama dari kalangan generasi milenial dan Gen Z, tvOne mengoptimalkan media sosial Instagram, Twitter, Tiktok yang saat ini telah mencapai 12,4 juta followers.