IHSG Dibayangi Proyeksi Data Penjualan Eceran, Cek Rekomendasi Saham Hari Ini

Ilustrasi papan IHSG.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Jakarta – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menguat 7 poin atau 0,11 persen di level 6.815, pada pembukaan perdagangan Kamis, 13 Juli 2023.

IHSG Sesi I Ditutup Amblas Terseret Saham Teknologi, Simak 5 Saham Berhasil Menghijau

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih, memprediksi bahwa IHSG bakal bergerak mixed pada perdagangan hari ini.

"Hari ini IHSG diprediksi bergerak mixed," kata Ratih dalam riset hariannya, Kamis, 13 Juli 2023.

Dibuka Melemah, IHSG Diproyeksi Bergerak Sideways Terdorong Hal Ini

Ilustrasi IHSG.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Dia menjelaskan, Bank Indonesia (BI) melaporkan survei penjualan eceran pada kuartal II-2023, diproyeksikan tumbuh 1,7 persen secara year-on-year (yoy).

IHSG Rawan Koreksi Lanjutan, Intip Rekomendasi Saham Potensial Cuan

"Kinerja penjualan eceran pada periode tersebut hanya meningkat, jika dibandingkan dengan realisasi pada kuartal I-2023 yang mencapai 1,6 persen (yoy)," ujar Ratih.

Pendorong utama perkembangan penjualan eceran kuartal II-2023 adalah peningkatan sektor barang budaya dan rekreasi, sebesar 0,9 persen (yoy). Namun ada juga beberapa sektor yang mencatatkan perbaikan kinerja, meskipun berada di level kontraksi.

Di antaranya yakni kelompok bahan bakar kendaraan bermotor sebesar -5,3 persen (yoy), perlengkapan rumah tangga lainnya -4,2 persen (yoy ), suku cadang dan aksesori -4 persen (yoy).

"IHSG diprediksi bergerak mixed dalam level 6.780-6.845," ujarnya.

Selain itu, dia juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, di antaranya yakni TLKM, ADMR, AMRT.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya