Amar Bank Catat Laba Bersih Rp 34,4 Miliar Kuartal I-2023, Intip Sumber Cuannya

Amar Bank.
Sumber :
  • Dokumentasi Amar Bank.

Jakarta – Bank digital yang melayani segmen ritel dan UMKM, PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank) pada Kuartal I-2023 mencatatkan laba bersih sebesar Rp 34,4 miliar. Perusahaan pun optimistis meraih pertumbuhan dan profitabilitas yang signifikan pada tahun 2023.

Menkomdigi Meutya Hafid: AI Buka Peluang Bagi UMKM Agar Lebih Kompetitif

Raihan laba bersih ini positif dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu masih alam kerugian bersih Rp 8,8 miliar. Hal itu salah satunya karena penurunan beban bunga dan pertumbuhan deposito yang lebih tinggi melalui platform tabungan digitalnya yang menawarkan suku bunga lebih kompetitif.

"Peningkatan laba yang signifikan pada kuartal pertama menandakan kemajuan positif bagi Amar Bank. Ke depannya, dengan kolaborasi melalui pelekatan (embedded) layanan perbankan digital di beberapa platform ekosistem digital,” ujar Presiden Direktur Amar Bank Vishal Tulsian di Jakarta, dikutip dari keterangannya, Rabu, 14 Juni 2023.

Perkaya Pengalaman Berbelanja, Shopee Wujudkan Inovasi bagi Brand Lokal dan Konten Kreator

“Kami dapat bekerja sama dengan mitra untuk menawarkan kapabilitas perbankan yang komprehensif dan mudah diakses oleh pengguna dalam ekosistem tersebut," tambahnya.

Sementara itu, Reliance memproyeksikan pertumbuhan pinjaman sebesar 18,2 persen pada tahun 2023, terutama didorong dengan potensi Tunaiku dan kolaborasi dengan Investree yang dapat memfasilitasi pinjaman yang lebih mudah bagi UMKM.

Hibank Gandeng Mitra Strategis Bangun Ekosistem Digital UMKM

Platform pinjaman digital AMAR, Tunaiku, telah berperan penting dalam mendorong pertumbuhan pinjaman, memberikan kontribusi 71,7 persen terhadap total pinjaman pada kuartal pertama tahun 2023. AMAR juga bermaksud untuk mengadopsi model kerja sama dengan Investree kepada perusahaan P2P lending lainnya, khususnya di bidang supply chain financing.

Lebih lanjut, saat ini AMAR telah menunjukkan perbaikan dalam kualitas aset, dengan penurunan rasio Non-Performing Loan (NPL) yang turun menjadi 1,8 persen pada kuartal pertama dibandingkan dengan 2,3 persen pada periode yang sama tahun lalu. AMAR juga memperkuat posisi modalnya melalui rights issue pada akhir tahun 2022.

Amar Bank berencana untuk berkolaborasi dengan pihak ketiga guna mempermudah akses ke produk dan layanan keuangan dengan mengintegrasikan penawaran tersebut ke dalam aplikasi mitra. Dengan demikian, layanan tersebut akan diperluas ke ekosistem yang dilayani, seperti industri P2P, agrikultur, logistik, dan E-Commerce.

Jajaran Petinggi Amar bank.

Photo :
  • Dokumentasi Amar Bank.

"Beberapa produk dan layanan keuangan yang kami tawarkan mencakup built-in banking features, configurable properties, banking standard security, dan pre-approved credit limit for platform users. Strategi ini sejalan dengan tujuan kami untuk meningkatkan kualitas hidup individu maupun UMKM, melalui kesehatan finansial dan inklusi keuangan yang berdampak," pungkas Vishal.

Selanjutnya, fokus Amar Bank pada simpanan berbiaya rendah dan solusi digital yang inovatif diharapkan dapat berkontribusi pada profitabilitas yang berkelanjutan. Dengan proyeksi pertumbuhan laba bersih sebesar 45,7 persen pada tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata (CAGR) dari tahun 2023 hingga 2025.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya