Curhat Menhub Budi Jalani Proyek Skema KPBU Harus Berani

Menhub Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • Dok. Kemenhub

VIVA Bisnis – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menegaskan, dalam menjalankan proyek yang dibiayai dengan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), dibutuhkan banyak keberanian dan inovasi untuk melakukannya secara optimal.

SeaBank Laporkan Laba Bersih Rp 291 Miliar pada Kuartal-III 2024, Fokus Pembiayaan Segmen Ritel

Hal itu diutarakannya dalam panel diskusi bertajuk 'Innovative Financing in Unity' (Infinity), yang digelar oleh PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) atau PT PII dalam rangka hari jadinya yang ke-13.

Menhub mencontohkan saat Kementerian Perhubungan mendapat penugasan untuk membangun konektivitas Kereta Api rute Makassar-Parepare. Dia mengaku, saat itu pendanaannya di-locked oleh Kementerian Keuangan di bawah Rp 10 triliun.

Kereta Otonom Tanpa Rel IKN Mau Dikembalikan ke China, Begini Respons Menhub

Menhub Budi Karya Sumadi.

Photo :
  • M Yudha P / VIVA.co.id

"Saat kita ditugasi Bu Menkeu untuk membuat kereta api Makassar-Parepare, dananya itu di locked kurang dari Rp 10 triliun sehingga kami kekurangan Rp 2 triliun," kata Budi Karya dalam telekonfrensi, Rabu, 1 Maret 2023.

Mengapa Jalan Tol Berisiko Tinggi Terhadap Kecelakaan Beruntun? Ketahui Alasan dan Cara Mengurangi Risikonya!

Hal itu membuat Kementerian Perhubungan bersama dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII), harus mencari investor guna membangun jalur kereta api rute Makassar-Parepare tersebut.

"Bersama dengan SMI dan PII, kita mencari partner. di mana SMI dan PII memberikan jaminan kepada teman-teman dari dalam dan luar negeri, dan akhirnya yang Rp 12 triliun itu bisa ter-cover," ujar Menhub.

Selain itu, Budi Karya mengaku bahwa pihaknya juga kerap mengikuti masukan dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, perihal pemanfaatan aset-aset yang dimiliki oleh masing-masing Kementerian/Lembaga (K/L).

Menhub Budi Karya Sumadi saat mengunjungi calon bandara penunjang IKN.

Photo :
  • Dok. Kemenhub.

Di mana dengan pemanfaatan aset-aset tersebut, setiap K/L sebenarnya sudah bisa mengoptimalkannya agar menjadi lebih produktif, bahkan menciptakan pendapatan serta cash flow dari upaya pemanfaatan aset-aset itu.

"Sebelumnya Ibu Menteri Keuangan juga selalu mengatakan kepada kami, bahwa setiap kementerian dan lembaga itu kan punya aset yang bisa menjadikan mereka supaya bisa punya cash flow dan punya pendapatan," kata Menhub.

"Nah, setiap K/L atau pemda-pemda ini kan banyak asetnya, dan setiap aset itu jangan sekedar dibuat macam-macam yang tidak berguna, carilah investor dengan aset tersebut. Karena banyak juga aset-aset kami (Kemenhub) di sektor kereta api, sektor darat, dan lainnya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya