Restrukturisasi Rampung hingga Suspensi Saham Dicabut, Kinerja Garuda Diproyeksi Moncer 2023

Garuda Indonesia.
Sumber :
  • Dok. Garuda Indonesia

VIVA Bisnis – Garuda Indonesia telah memasuki babak baru dengan dirampungkannya restrukturisasi. Hal tersebut pun diikuti oleh pencabutan suspensi saham yang mulai diberlakukan pada awal tahun ini, sehingga menimbulkan optimisme baru maskapai plat merah ini dapat terbang tinggi.

Akhir Pekan Ceria! IHSG Ditutup Menguat 0,60 Persen dan Saham Prajogo Masih Kokoh

Pada 2022, Garuda Indonesia pun diketahui memiliki pembukuan kinerja yang positif, dengan berhasil menekan utang hingga 50 persen, serta konsistensi pertumbuhan kinerja positif sejak pertengahan 2022 lalu menjadi dasar iklim kinerja yang positif di tahun 2023 ini. Di mana hingga kuartal III-2022 maskapai pelat merah tersebut telah membukukan laba hingga US$3,7 miliar

Pengamat BUMN, Toto Pranoto pun mengatakan, Garuda Indonesia baru saja menyelesaikan kesepakatan dengan semua kreditur terkait penyelesaian utang perseroan. Dengan bisnis yang mulai berjalan normal kembali, kinerja perseroan diyakini semakin sehat.

Menteri BUMN dan Menteri PKP Kolaborasi Genjot Program 3 Juta Rumah Prabowo

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra.

Photo :
  • VIVA/Anry Dhanniary

“Apabila kinerja per quarter bisa menunjukkan perbaikan, ada harapan muncul trust investor untuk memegang kembali saham dan diharapkan saham maskapai plat merah ini dapat terbang tinggi. Ini tentunya membutuhkan waktu mengingat tren pergerakan saham baru dibuka pada awal pekan ini,” kata Toto dikutip dari keterangannya, Rabu, 4 Januari 2023.

IHSG Dibuka Menguat Setelah The Fed Pangkas Rate

Toto pun menyampaikan masukan bahwa sebagai BUMN Tbk maka syarat perbaikan governance menjadi syarat mutlak ke depan. Di mana hal ini akan menumbuhkan kepercayaan dalam perbaikan kinerja perusahaan. Dengan manajemen lebih baik, diharapkan potensial market domestik dan market captive di angkutan haji dan umrah bisa jadi lokomotif perbaikan kinerja.

Dengan kinerja fundamental yang semakin sehat dan kuat, kinerja saham Garuda Indonesia diperkirakan akan tumbuh positif. Hal ini turut diperkuat dengan outlook market industry penerbangan yang diperkirakan akan mengalami fase pemulihan yang lebih cepat selaras dengan pencabutan status PPKM yang telah diumumkan Pemerintah jelang akhir tahun lalu.

Sementara itu, Pengamat Pasar Modal, Wahyu Laksnono berpendapat, dirampungkannya PKPU menjadi sebuah tahapan penting bagi Garuda Indonesia untuk semakin memperkuat landasan kinerja usahanya.

“Saya melihat PKPU itu meringankan beban Garuda Indonesia dan diharapkan hal ini membuat maskapai plat merah ini makin ringan terbangnya. Bahkan saya berharap Garuda Indonesia Makin tinggi terbangnya. Di mana Cost structure jelas makin suport, semoga makin sehat,” katanya.

Namun, dia mengungkapkan bahwa untuk membuat sehat sebuah korporasi yang telah lama sakit itu membutuhkan waktu. Yang, tidak serta merta disuntikan bantuan langsung sehat, terlebih lagi isu kesehatan keuangan Garuda Indonesia ini ceritanya panjang dan seperti sudah jadi kutukan salah satu aset BUMN. 

 “Jika fundamental membaik, saya yakin saham yg sudah bebas suspensi bisa jadi akan memicu minat publik untuk berinvestasi dalam jangka menengah maupun jangka panjang. Lagi lagi semuanya perlu waktu, dan semoga perjalanannya makin baik jadi sahamnya pun bisa makin menarik dan makin naik sejalan dengan menguat nya kapitalisasi pasar Garuda Indonesia,” katanya.

Pesawat Garuda Indonesia bergambar jarum suntik.

Photo :
  • VIVA/Sherly

Sebelumnya Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, sejumlah tahapan strategis telah dilalui pihak dalam merampungkan proses restrukturisasi ini. Mulai dari perolehan putusan homologasi atas perjanjian perdamaian oleh PN Jakarta Pusat, termasuk di dalamnya memaksimalkan langkah renegosiasi beban sewa pesawat, restrukturisasi hutang jangka panjang, serta instrumen kewajiban usaha lainnya.

“Selain itu, maskapai pelat merah itu juga secara resmi telah menerima dana Penyertaan Modal Negara (PMN) senilai Rp 7,5 triliun sebagai dukungan terhadap langkah penyehatan kinerja Garuda sebagai national flag carrier,” ungkapnya. 

“PMN tersebut berkaitan dengan langkah Right Issue dengan memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) sebanyak 39.788.136.675 lembar saham atau senilai Rp 7,79 triliun. Itu meliputi realisasi PMN serta partisipasi pemegang saham lainnya,” katanya.

Irfan juga menjelaskan tahapan ini yang kemudian dilanjutkan dengan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD), di mana Garuda Indonesia telah melakukan pendistribusian saham. Dalam rangka, konversi utang sebesar 25.806.070.908 lembar saham atau senilai Rp 5,05 triliun, termasuk di dalamnya realisasi Obligasi Wajib Konversi.

“Dengan serangkaian pendistribusian saham baru tersebut, Garuda saat ini memiliki komposisi kepemilikan saham yang terdiri atas kepemilikan pemerintah sebesar 64,54 persen, Trans Airways 7,99 persen, saham publik 4,83 persen, serta saham kreditur 22,63 persen,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya