Tantang UMKM Jualan Lewat Live Shopping SMEXPO, Pertamina Targetkan Ini

UMKM Binaan Pertamina, N&N International, Nurchaeti.
Sumber :
  • istimewa

VIVA Bisnis – PT Pertamina (Persero) menantang pelaku usaha UMKM yang menjadi mitra binaannya untuk aktif mengikuti tren digital dalam memasarkan produknya. Salah satunya adalah dengan menggelar Live Shopping SMEXPO 2022 yang akan berlangsung hingga 15 November 2022.

UMKM Binaan Pertamina Berhasil Raih Transaksi Lebih dari 4,5 Miliar di Belanda

“Munculnya ide Live Shopping SMEXPO 2022 didasari dari maraknya penjualan secara live di berbagai media sosial seperti Instagram dan TikTok. Melalui acara ini kami ingin men-challenge para UMKM agar aktif mengikuti tren digital sekaligus membantu pelaku UMKM binaan Pertamina mempromosikan produk mereka masing-masing,” kata Vice Presiden CSR & SMEPP Management Pertamina Fajriyah Usman, dikutip, Senin 7 November 2022.

Menurut dia, sebanyak enam UMKM akan tampil dalam acara Live Shopping SMEXPO, yang akan dilaksanakan dalam empat sesi pada pukul 10:00, 12:00, 14:00 dan 16:00 WIB. Pertamina melakukan seleksi untuk menentukan atau memilih UMKM yang tampil pada penjualan langsung ini.

Penggunaan Transaksi Digital Memudahkan: Efektif dan Efisien

Baca juga: Harga Emas Hari Ini 7 November 2022: Global dan Antam Tergelincir

“Terdapat beberapa tahap penilaian (assessment) yang dilakukan untuk menentukan peserta Live Shopping SMEXPO,” katanya.

Hasil Uji Lemigas dan LAPI ITB: Pertamax Bukan Penyebab Mobil Rusak

Seleksi pertama adalah assessment akun sosial media UMKM dengan berbagai kriteria seperti engagement akun meliputi total likes dan postingan, jumlah followers dan beberapa kriteria lainnya.

“Kami juga melakukan assessment melalui wawancara dengan beberapa pertanyaan untuk memastikan bahwa UMKM telah memahami perkembangan atau tren digital dan berpengalaman dalam melakukan Live Shopping,” ujarnya.

UMKM yang berpartisipasi dalam Live Shopping SMEXPO 2022 adalah Rasyida Alam, Batik Murni Asih, Bali Honey, Rizkya Batik, CV Bali Ayu Shop, Meeta Fauzan, Joglo Ayu Tenan, Adifta Batik, Rumah Batik Jinggar, Evi Sobage, dan Sanrah Food. Lainnya adalah Diyah Healthy Food, Baline Chocolate (UD Utami), Multipangan Sehat, Denara dan N&N International.

Arya Sinulingga Staf Khusus III  Kementrian BUMN Arya Sinulingga bersama Fajriyah Usman Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) & SMEPP Management Pertamina memberikan sembako kepada warga dalam acara Pasar Rakyat dan bazaar UMKM BUMN.

Arya Sinulingga Staf Khusus III Kementrian BUMN Arya Sinulingga bersama Fajriyah Usman Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) & SMEPP Management Pertamina memberikan sembako kepada warga dalam acara Pasar Rakyat dan bazaar UMKM BUMN.

Photo :

“Mereka menjual berbagai macam kategori produk dijual melalui Live Shopping ini mulai dari fesyen, aksesoris, tas, makanan ringan, coklat, madu hingga body care,” kata Fajriyah.

Pemilik N&N International, Nurchaeti, mengungkapkan bahwa dirinya telah menjadi mitra binaan sejak 2019. Dia memproduksi kripik tempe, pisang dan nangka sehat dengan turut memberdayakan para perempuan dan penyandang disabilitas untuk membantu proses produksinya.

Berdasarkan data Live Shopping yang telah berlangsung satu sesi dengan durasi 45 menit, N&N International berhasil memperoleh omzet sebesar Rp 5,15 juta. Nurchaeti berhasil menjual 109 paket produknya. “Saya sangat senang terpilih menjadi UMKM yang live shopping di SMEXPO. Sangat senang karena bisa meningkatkan omzet penjualan,” tuturnya.

Smexpo Pertamina.

Photo :
  • istimewa

Sebelum tampil di SMEXPO, N&N Internasional diajak oleh Pertamina untuk berpartisipasi pada ajang Trade Expo Indonesia (TEI) yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan yang berlangsung 19-23 Oktober 2022 di ICE BSD.

Di event itu, Nurchaeti menerima pesanan sebanyak 60 ton per tahun ke Arab Saudi, 30 ton ke Turki dan 2 ton ke Norwegia dengan total transaksi mencapai hingga Rp 17 miliar. Sebanyak 10 ton akan dikirim akhir November ini ke Turki dan Norwegia.

Sedangkan, pemilik Sobag, Evi Susanto menuturkan dengan perhelatan SMEXPO, Pertamina telah membantu memperluas pasar UMKM. Sobag menjual tas tenun khas Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dikombinasikan dengan kulit sapi asli.

“Lewat tas tenun khas NTT ini, Sobag mengajak wanita Indonesia untuk lebih mencintai dan bangga menggunakan produk-produk dalam negeri. Selain berjualan offline, Sobag juga menjual produknya secara online dengan berkolaborasi bersama SMEXPO agar dapat menembus pasar yang lebih luas, mencakup pasar nasional dan internasional,” katanya.

Ilustrasi tekstil/baju/pakaian.

Tantangan Buat UMKM! Konsumen Indonesia Belum Bisa Bedakan Produk Lokal dan China

Hasil riset Mad temukan 6 dari 10 konsumen Indonesia belum dapat membedakan produk lokal dengan produk impor dari China.

img_title
VIVA.co.id
2 Desember 2024