Dongkrak Brand Lokal, Hypefast Gelar Indonesia Brand Founders Summit 2022

Dongkrak brand lokal, Hypefast gelar Indonesia Brand Founders Summit 2022.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA Bisnis – Hypefast Brand Founders of The Year telah memilih 15 brand lokal yang akan disematkan sebagai 'Brand Founders of The Year, Class of 2022'. Penghargaan ini merupakan inisiasi Hypefast bersama Forbes Indonesia dan didukung oleh The Habibie Center, Future City Accelerator, School of Government and Public Policy, serta Endgame Podcast.

Cuan Mengalir Deras berkat Digitalisasi

Founder dan CEO Hypefast, Achmad Alkatiri menjelaskan, pemberian penghargaan ini akan dilaksanakan dalam acara 'Indonesia Brand Founders Summit 2022' yang akan dihelat pada 13 Oktober 2022 mendatang.

"Program ini merupakan penghargaan dan apresiasi untuk pemilik brand lokal di Indonesia, atas kontribusi yang diberikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan industri kreatif tanah air," kata Achmad saat ditemui di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa 11 Oktober 2022.

Perbankan Ditegaskan Perlu Aturan Turunan Akselerasi Hapus Tagih Utang Petani hingga Nelayan

Achmad mengatakan, upaya-upaya ini selaras dengan data simulasi Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2022, di mana dampak pembelian produk dalam negeri senilai Rp 400 triliun dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 1,67-1,71 persen.

"Maka sudah semestinya brand lokal menjadi primadona di negeri sendiri. Peningkatan minat serta kesadaran masyarakat akan produk dan brand lokal, menunjukkan jalan menuju era baru brand lokal semakin nyata," ujarnya.

PPN 12% Membebani? Ini Alasan Mengapa Frugal Living Bisa Guncang Ekonomi RI

Dia menegaskan, Hypefast yang selalu mendukung pertumbuhan brand lokal pun melihat bahwa sudah semestinya brand-brand lokal ini diberikan apresiasi guna menumbuhkan semangat mereka berkarya dan berinovasi.

Achmad menambahkan, selama proses penyeleksian pihaknya telah melihat begitu banyak potensi-potensi brand lokal untuk bisa berkembang. Namun, tentunya mereka tidak bisa bergerak sendiri, sehingga dibutuhkan dukungan penuh dari pemangku kepentingan termasuk pemerintah, mitra ekosistem, dan stakeholder lainnya, agar para brand lokal itu bisa bersaing di pasar global.

"Hypefast hadir memposisikan diri sebagai partner yang tidak hanya memberikan modal, tetapi juga menyediakan tim ahli serta ekosistem retail yang terintegrasi," ujarnya.

Diketahui, dalam proses kurasi yang dibuka sejak Juni 2022 lalu, tercatat lebih dari 500 brand telah mendaftar dan dinominasikan oleh masyarakat sebagai Brand Founders of The Year. Dari ratusan brand ini, tim Hypefast dan jajaran juri telah mengkurasi dan melakukan assessment lebih lanjut, untuk memilih brand yang kemudian disematkan menjadi 'Hypefast: Brand Founders of The Year, Class of 2022'.

Pemilihan kelima belas pemilik brand ini berdasarkan pertimbangan dan kriteria yang telah ditentukan oleh para juri, yang terdiri dari Komisaris Utama Hypefast, Gita Wirjawan, Founder dan CEO Hypefast, Achmad Alkatiri, dan Ketua Habibie Center, Ilham Habibie, serta jurnalis senior dari Forbes Indonesia, Ulisari Elista.

Lima belas brand yang terpilih datang dari berbagai kategori mulai dari Food and Beverage, Fashion, Automotive, Accessories, Personal Care, Beauty dan Stationery.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya