Pastikan Distribusi Subsidi Akurat, Pupuk Indonesia Pakai Program Ini

Produksi Pupuk Indonesia.
Sumber :
  • Dokumentasi Pupuk Indonesia.

VIVA Bisnis – PT Pupuk Indonesia (Persero) meningkatkan layanan penyaluran pupuk bersubsidi dengan Go Live Program Single Responsibility. Dengan program itu pelayanan kepada pelanggan, khususnya petani penerima pupuk bersubsidi akan dapat terus ditingkatkan dan lebih akurat. 

PPN Jadi 12 Persen Ditegaskan Tak Bikin Daya Beli Loyo, Ekonom Ungkap Perhitungannya

Direktur Utama Pupuk Indonesia, Bakir Pasaman mengatakan, program Single Responsibility merupakan salah satu langkah strategis perusahaan. Dalam rangka meningkatkan kinerja dan optimalisasi fungsi Pemasaran PSO dengan meningkatkan layanan penyaluran atau pendistribusian pupuk bersubsidi. 

"Harmonisasi pengelolaan PSO melalui program Single Responsibility pengelolaan PSO, sebagai salah satu langkah strategis perusahaan, dalam rangka meningkatkan kinerja dan optimalisasi fungsi pemasaran PSO selain langkah strategis lainnya seperti rayonisasi wilayah PSO, harmonisasi produk non subsidi, pengadaan bersama, dan komersialisasi aset," Bakir dalam acara peluncuran program Single Responsibility di Yogyakarta, Senin,  September 2022 dikutip dari keterangannya.

Solutif! Bank Mandiri Perkuat Digitalisasi Sektor Kesehatan Bersama RSAB Harapan Kita

Pupuk Indonesia.

Photo :
  • Dokumentasi Pupuk Indonesia.

Bakir mengungkapkan bahwa program Single Responsibility merupakan respon cepat Pupuk Indonesia Grup atas diterbitkannya aturan baru mengenai pupuk bersubsidi.  Yang, tertuang dalam Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 10 Tahun 2022.

BTN Syariah Ekspansi Bisnis Gandeng Kampus Jelang Spin-Off

Menurut Bakir, program Single Responsibility memiliki beberapa tujuan, seperti mengoptimalkan mekanismen penyaluran pupuk bersubsidi menjadi lebih fleksibel dan dinamis. Lantaran perubahan rayonisasi dapat dilakukan kapan saja tanpa menggangu aktivitas penyaluran penjualan wilayah. 

Lalu, program ini juga untuk mengembangkan kompetensi tenaga pemasaran khususnya Account Executive (AE) dan Assistant Account Executive (AAE) di lapangan. Sehingga dapat meningkatkan keterampilan tenaga pemasaran di lapangan dalam melayani pelanggan.

Produksi Pupuk Indonesia.

Photo :
  • Dokumentasi Pupuk Indonesia.

"Tenaga pemasar yang tadinya mengelola produk dari satu anak perusahaan, akan mampu mengelola semua produk di suatu wilayah. Sehingga kompetensinya meningkat lebih komprehensif," jelasnya. 

Program Single Responsibility juga meningkatkan budaya kinerja tenaga pemasaran agar lebih efektif. Jadi, siapapun tenaga pemasar yang ada disuatu wilayah harus menangani seluruh produk.

Namun, Bakir mengungkapkan bahwa langkah strategis Single Responsibility Pengelolaan PSO tersebut harus diikuti juga dengan langkah-langkah antisipatif yang efektif dan efisien. Agar pelaksanaan penyaluran pupuk bersubsidi tidak terganggu dan berjalan dengan lancar. 

Untuk itu, Pupuk Indonesia juga terus melakukan transformasi dan digitalisasi di bidang pemasaran dan pengendalian dan monitoring penyaluran pupuk bersubsidi. Melalui, Integrasi Aplikasi DIMAS, REKAN, MARKISA dan WCM.

"Mudah-mudahan dengan launching program Single Responsibility Pengelolaan PSO ini, program sentralisasi dan Single Responsibility Pengelolaan PSO dapat terlaksana dengan lancar dan diiringi langkah-langkah nyata dalam bentuk milestone-milestone yang tajam dan terukur," ungkap Bakir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya