Kredivo dan Ramayana Kolaborasi, Belanja Kini Bisa Pakai Paylater

Ramayana.
Sumber :
  • Repro Video Ramayana.

VIVA Bisnis – Kredivo resmi bekerja sama dengan Ramayana sebagai pemain ritel yang memiliki jaringan pengguna di berbagai kota tier 2 dan 3. Dengan kerja sama ini, seluruh pengguna Kredivo dapat menggunakan pembayaran Paylater di 101 gerai Ramayana yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tak Cuma Jadi Utang Konsumtif, Ekonom Sebut Paylater Bisa Jadi Bantalan Ekonomi saat Daya Beli Lesu

VP Marketing & Communications Kredivo, Indina Andamari memaparkan optimisme Kredivo terhadap kolaborasi tersebut dalam mengoptimalkan momentum pertumbuhan sektor ritel di kota non-metropolitan melalui penggunaan Paylater. Hal ini juga disebut sejalan dengan komitmen Kredivo terus memperluas akses layanan keuangan berbasis digital ke masyarakat Indonesia di kota tier 2 dan 3.

“Berkaca dari pengalaman kami melayani kebutuhan lebih dari 6 juta pengguna yang berada di berbagai belahan wilayah di Indonesia, kami percaya akan dampak besar yang bisa kita ciptakan melalui kolaborasi bersama Ramayana," kata Indina dikutip dalam keterangan tertulis, Kamis, 25 Agustus 2022.

7 Kebiasaan Gen Z yang Bikin Makin Miskin, Salah Satunya Doom Spending

Kredivo Kredit Online

Photo :
  • Kredivo

Melalui jaringan kuat Ramayana di seluruh pulau di Indonesia, Ia berharap upaya perluasan layanan kredit digital ini dapat mengakselerasi ekonomi daerah. "Khususnya geliat industri ritel fesyen di kota tier 2 dan 3,” imbuhnya.

PayLater Didominasi Anak Muda, OJK: Tidak Hanya di Indonesia

Berdasarkan data internal Kredivo, pengguna Paylater di area tier 2 dan 3 naik sebesar 52 persen pada semester I tahun 2022 dibanding periode yang sama tahun lalu. 

Dari pengguna Paylater, pembelanjaan produk kategori fesyen menempati posisi pertama sebagai kategori produk dengan transaksi terbanyak di kalangan masyarakat kota tier 2 dan 3 dengan proporsi 20,1  persen, disusul produk makanan 18,3 persen dan produk kesehatan 18,6 persen.

Ramayana pun melihat bahwa di tengah pertumbuhan ekonomi kota tier 2 dan 3, integrasi layanan keuangan digital dengan gerai fisik yang ‘seamless’ jadi kunci menjawab kebutuhan konsumen era digital. 

Head of Loyalty Program & Merchant Acquisition Division Ramayana, Alexander A. Tumbel  mengungkapkan, pihaknya terus memperkuat komitmen untuk menyediakan produk fesyen berkualitas dan selalu berinovasi sesuai dengan kebutuhan konsumen dan perubahan era. 

"Walau dunia sudah makin online, pengalaman berbelanja offline harus terus memberikan pengalaman baru bagi konsumen," katanya. 

Dengan demikian, lanjut dia, integrasi online dan offline jadi kunci. Pihaknya sebagai pemain terdepan di industri ritel Indonesia siap meningkatkan kenyamanan berbelanja pelanggan dengan menyediakan lebih banyak pilihan pembayaran yang inovatif, seperti Paylater. 

"Kami optimis dengan kerja sama kami dengan Kredivo dapat menjadi pendorong tumbuhnya industri ritel di Indonesia,” ungkapnya

Sementara itu, Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), Setyadi Surya juga menyuarakan pendapatnya tentang potensi kolaborasi antara layanan keuangan digital dan ritel. 

“Belanja offline akan terus memiliki peminatnya apalagi dengan adanya rasa kejenuhan bagi masyarakat yang selama ini berdiam diri di rumah," katanya.

Untuk tetap dapat mempertahankan konsumen, dia menyebut para pelaku ritel offline juga perlu berinovasi untuk memberikan kemudahan akses belanja, salah satunya melalui integrasi dengan layanan keuangan kredit digital yang semakin mudah, fleksibel, dan mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat. 

Dengan demikian, lanjut dia, layanan keuangan digital dapat menguntungkan kedua pihak baik dari sisi konsumen maupun sisi ritel dalam proses jual beli dan keberlanjutan bisnis. 

"Saya harap dengan kemitraan antara Kredivo dan Ramayana dapat menjadi bukti nyata bahwa kedua industri ini dapat saling mendukung terhadap potensi industri masing-masing, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” tuturnya.

Untuk diketahui, Kredivo memberikan promo kepada pengguna baru jika berbelanja di Ramayana, yaitu akan mendapatkan potongan langsung Rp 50 ribu tanpa minimal transaksi, periode promo hingga 31 Desember 2022. 

Selanjutnya, untuk pengguna lama Kredivo juga akan mendapatkan potongan langsung Rp 50 ribu, dengan minimal transaksi Rp 250 ribu, periode promo hingga 30 September 2022.

SeaBank Catat Laba Bersih Rp 291 Miliar pada Kuartal-III 2024

SeaBank Laporkan Laba Bersih Rp 291 Miliar pada Kuartal-III 2024, Fokus Pembiayaan Segmen Ritel

SeaBank merilis laporan keuangan kuartal-III 2024 pada Jumat, 15 November 2024. Data menunjukkan lonjakan laba bersih secara signifikan lebih dari 100 persen secara year.

img_title
VIVA.co.id
15 November 2024