Ribuan Mitra UMKM di Bandara Nasional Bakal Go Digital
- ANTARA FOTO/Fauzan/hp.
VIVA – Jutaan penumpang mulai lalu-lalang di bandara. Angkasa Pura (AP) II mencatat, sepanjang Januari-Maret 2022, jumlah pergerakan penumpang pesawat di 20 bandara AP II secara kumulatif tercatat 11,71 juta penumpang atau naik signifikan sekitar 65 persen dibandingkan dengan Januari-Maret 2021 sebanyak 7,07 juta penumpang.
Outlet UMKM yang ada di bandara pun mulai ramai pembeli. AP II selaku salah satu pengelola bandara nasional, melihat tuntutan percepatan digitalisasi para mitra UMKM perlu segera direalisasikan. Untuk hal itu, Olsera kini bekerja sama dengan AP II mendukung ribuan mitra UMKM di berbagai bandara untuk Go Digital.
Dalam rangka transformasi dan digitalisasi puluhan bandara AP II yang tersebar di seluruh Indonesia, AP II bekerja sama dengan Olsera untuk menyediakan layanan aplikasi dan point of sales (POS) berbasis cloud bagi ribuan outlet mitra bisnis UMKM AP II.
Lewat Cloud Based System pemilik outlet tidak perlu repot lagi karena mengelola dan memantau bisnis sudah dapat dilakukan dari jarak jauh. AP II juga dimudahkan dengan sistem POS yang secara otomatis terintegrasi untuk pelaporan secara realtime dan konsolidasi transaksi outlet di dalam bandara.
Menurut Head of Business Partnership Olsera, Chintya, kerja sama ini menjadi bukti komitmen bersama antara AP II dan Olsera untuk mengakselerasi kemajuan bisnis UMKM, khususnya di masa pemulihan pasca pandemi ini.
"Dengan sistem layanan dari Olsera yang terintegrasi dengan AP II, para pengusaha di bandara dan karyawannya akan sangat dimudahkan dalam proses input dan output data transaksi, sehingga bisnis menjadi semakin akurat dan efisien, “ ujarnya dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu, 29 Juni 2022.
Dia melanjutkan, Olsera sebagai penyedia layanan aplikasi kasir, bertekad membantu UMKM mencapai potensi maksimal dengan menggunakan fitur-fitur profesional. Adapun fitur-fitur yang tersedia adalah manajemen inventori, supply stok, pemasaran, manajemen karyawan, pencatatan transaksi, pembukuan, pembayaran, hingga permodalan.
Dia menyebutkan, banyaknya keunggulan fitur yang dimiliki Olsera membuat Integrasi ini menjadi hal yang bagus untuk mitra AP II setempat. Selain membawakan kemudahan operasional dari fitur yang Olsera tawarkan, hebatnya juga dapat meningkatkan akurasi laporan. Dengan demikian, para mitra setempat akan memiliki banyak waktu untuk fokus ke strategi pemasaran yang tepat demi usaha yang lebih maju.
“Para mitra kini dapat menikmati kemudahan mengelola outlet serta mengakses laporan penjualan dari mana saja, kapan saja. Terlebih lagi, Olsera POS menyiapkan Olsera Office sebagai aplikasi pemilik (owner app) yang optimal di gadget Android dan iOS. Olsera membawakan kepraktisan, keamanan dan kenyamanan paling maksimal di kelasnya,” imbuh Head of Marketing & Creative Olsera, Aldo.
Adopsi sistem Olsera pada setiap outlet / mitra UMKM akan mengikuti target AP II untuk digitalisasi dan akurasi perekapan penjualan kolektif di berbagai bandara seperti Bandara Internasional Soekarno Hatta, Bandara Internasional Kualanamu, Bandara Internasional Husein Sastranegara dan 17 Bandara lainnya.