Seluruh Terowongan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Berhasil Ditembus

Tunnel 2 Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung.
Sumber :
  • Dokumentasi KCIC.

VIVA – Seluruh terowongan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) akhirnya berhasil ditembus. Presiden Direktur PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Dwiyana Slamet Riyadi menyampaikan, Tunnel 2 proyek KCJB sepanjang 1.040 meter merupakan terowongan yang terakhir dari 13 terowongan di proyek KCJB yang berhasil ditembus.

Stasiun Whoosh Karawang Dibuka Mulai 24 Desember 2024

"Keberhasilan ini melengkapi pembangunan terowongan di proyek KCJB," kata Dwiyana dalam keterangannya, Selasa 21 Juni 2022.

Kereta Cepat Jakarta Bandung KCIC.

Photo :
  • PT KAI
KCIC Tambah Perjalanan Kereta Whoosh Jadi 62 di 2025, Targetkan 22.000 Penumpang

Dia menambahkan, kelancaran pengerjaan Tunnel 2 ditunjang dengan adanya transfer knowledge dari para ahli tunnel berpengalaman dari dalam dan luar negeri.

Para ahli tunnel tersebut memiliki kompetensi yang baik, dalam penerapan metode 'surface grouting' yang selama ini digunakan dalam Proyek KCJB.

Stasiun KCIC Karawang Beroperasi di 2025, Bagaimana Dampaknya Pada Waktu Tempuh Perjalanan Whoosh?

Setelah penggalian tunnel 2 selesai, lanjut Dwiyana, pekerja saat ini melakukan tahap secondary lining. Proses ini akan menambah ketahanan terowongan sesuai dengan desain konstruksi hingga 100 tahun dan memberikan hasil akhir yang halus dan konsisten.

Lapisan beton yang digunakan pada konstruksi terowongan di proyek KCJB memiliki standar yang paling tinggi (high performance concrete) dalam sejarah konstruksi di Indonesia. Struktur beton yang digunakan seperti struktur bunker, sehingga memberikan keamanan dalam operasional KCJB. 

Dia menilai, tembusnya seluruh terowongan ini sejalan dengan semangat percepatan pembangunan yang dilakukan di proyek KCJB. Hal ini juga menjadi bagian dari persiapan kegiatan uji coba dalam agenda G20 yang digelar pada akhir tahun 2022.

Fokus Selanjutnya Adalah Elevated Track dan Subgrade

Setelah seluruh terowongan tembus, fokus konstruksi lainnya adalah elevated track dan subgrade. Persiapan non-konstruksi juga dilakukan seperti penyiapan aturan hingga pelatihan SDM. 

"Tidak hanya melakukan proses percepatan pembangunan, kami juga perlu menuntaskan kesiapan operasional KCJB di tahun ini. Baik itu jelang agenda G20 yang digelar pada akhir tahun, dan juga melakukan penyelesaian sesuai dengan target yang ditetapkan" ujarnya. 

Diketahui, sebelumnya pada 6 April 2022, Tunnel 4 yang berada di Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, juga sudah berhasil ditembus. Begitu juga dengan Tunnel 6  sepanjang 4.478 meter, yang merupakan terowongan terpanjang yang berada di area KCJB yang berhasil ditembus pada bulan yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya