Tren Belanja Online 2021: Transaksi Tertinggi Ada di 4 Tanggal Cantik

Ilustrasi belanja online.
Sumber :
  • steelgateglobal.com

VIVA – Katadata Insight Center mencatat, berdasarkan survei yang dilakukan tren belanja online masyarakat pada tiga bulan terakhir di 2021 menunjukkan puncak peningkatan. Peningkatan belanja online terus terjadi secara kuartal di mana pada kuartal IV atau Oktober-Desember meningkat sebesar 9,4 persen.

Bukan Bitcoin, Volume Transaksi Koin Meme Ini Mencapai 60,9 Miliar Token

Head of Katadata Insight Center Adek M Roza mengatakan, pihaknya juga mencatat, terdapat empat tanggal yang mengalami transaksi paling tinggi di 2021. Tanggal itu di antaranya, 12 Desember, 11 November, 10 Oktober dan 9 September.

“Ini merupakan tanggal yang paling tinggi dan bertepatan dengan festival belanja online. Memang tanggal ini tanggal cantik dan di saat ini pula banyak tawaran-tawaran maupun promo dari e-commerce untuk berbelanja,” jelas Adek dalam telekonferensi, Kamis 2 Juni 2022.

IHSG Terkapar di Level 7.245 pada Akhir Perdagangan, tapi Saham Ini Melambung Drastis

Head of Katadata Insight Center Adek M Roza.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

Melalui hal itu juga menurutnya, menunjukkan bahwa festival belanja dengan berbagai promo masih menjadi pemicu pada kenaikan transaksi e-commerce saat ini. Untuk produk dengan jumlah transaksi tertinggi yaitu, fashion dan aksesorisnya, pulsa dan voucher, kesehatan dan kecantikan.

Apa Itu Reversal Rekening? Ini yang Harus Anda Ketahui Sebelum Panik!

E-Wallet dan Paylater Paling Banyak Digunakan

Lebih lanjut, Adek menjelaskan melalui survei yang dilakukan juga untuk mengetahui perilaku berbelanja online konsumen di e-commerce tanah air. Pada metode pembayaran yang paling banyak digunakan masyarakat adalah melalui e-wallet dan Paylater.

“Metode pembayaran yang digunakan responden dalam satu tahun terakhir ini bermacam-macam. Tetapi kita lihat di sini ada peningkatan pada e-wallet dan Paylater,” jelasnya.

Paylater mengalami pertumbuhan dari sisi penggunaan, dengan 38 persen konsumen yang menggunakan Paylater saat berbelanja di e-commerce dalam satu tahun terakhir, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yaitu sebesar 28 persen di 2021.

“Nah ini menarik Paylater meningkat dari 28 persen menjadi 38 persen, dari sisi lompatan ini cukup signifikan hampir 30 persen mengalami lonjakan. Jadi Paylater ini semakin popular semakin banyak digunakan oleh konsumen kita,” terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya