Pasar Tenaga Kerja Membaik, Kepercayaan Konsumen April Naik

Penyedia lowongan kerja bagi para pencari kerja
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

VIVA – Survei Danareksa Research Institute (DRI) mencatat Indeks Kepercayaan Konsumen pada April 2022 mengalami peningkatan menjadi 83,9 dari bulan sebelumnya yang sebesar 83,8.

Pimpin Morowali Dua Periode Dinilai Jadi Bukti Kepercayaan Rakyat ke Anwar Hafid

Kepala Ekonom DRI, Rima Prama Artha mengungkapkan untuk Indeks Kondisi Ekonomi naik 1,9 persen menjadi 48,4 dari 47,5 dari bulan lalu. Sedangkan Indeks Ekspektasi Kegiatan Ekonomi (IE) turun 0,5 persen menjadi 110,6.

“Indeks kondisi ekonomi meningkat karena konsumen lebih positif didorong oleh perbaikan di pasar tenaga kerja. Karena mobilitas publik perlahan kembali normal,” kata Rima dalam laporan Survei Konsumen dikutip, Selasa 17 Mei 2022.

Sejumlah Universitas di Indonesia Siap Bantu Tenaga Kerja Indonesia Pimpin Transisi Energi

Baca juga: Harga Emas Hari Ini 17 Mei 2022: Global Stagnan, Antam Naik

Rima mengungkapkan, IKK yang meningkat hanya terjadi di luar Jawa, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan. Di mana hal itu utamanya didorong oleh membaiknya kondisi ekonomi lokal saat ini dan pasar tenaga kerja.

Jadi Paslon Nomor Urut 1, Idris-Andi Siap Rebut Kepercayaan Rakyat Kota Gorontalo

Sementara itu, IKK di DKI Jakarta relatif stabil. Sedangkan IKK di Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah mengalami penurunan karena kondisi ekonomi lokal yang diperkirakan akan memburuk.

“Di samping itu, perbaikan pasar tenaga kerja juga terlihat di Jawa dengan peningkatan yang lebih baik dibandingkan di luar Jawa. Hal ini sejalan dengan angka pengangguran yang dirilis BPS di mana penurunan angka pengangguran di Jawa relatif lebih baik dari luar Jawa,” jelasnya.

Pramuniaga memasukkan barang yang telah dibeli konsumen ke dalam kantong plastik di salah satu mini market. (ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Adapun untuk Indeks Kepercayaan Konsumen terhadap Pemerintah atau Consumer Confidence in the Government Index (CCGI), turun 6,2 persen month on month (mom) menjadi 103,3.

“Hal itu mencerminkan melemahnya sentimen terhadap kemampuan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Beberapa faktor mungkin menjadi penyebab turunnya CCGI, antara lain tingginya inflasi pada 22 April, khususnya kenaikan BBM, PPN hingga 11 persen, serta kenaikan harga sembako,” terang Rima.

Selain itu, konsumen juga kurang percaya terhadap kemampuan pemerintah untuk menegakkan supremasi hukum. Itu terlihat dari indeks yang turun 4,7 persen mom menjadi 113,9. Kemudian kemampuan pemerintah dalam menjamin keamanan dan lingkungan teratur turun 2,3 persen mom menjadi 151,5.

Serta kemampuan pemerintah untuk menyediakan dan memelihara infrastruktur publik juga turun 6,2 persen mom menjadi 154,5 persen.

Ilustrasi belanja online.

Kehadiran AI Mengubah Perilaku Konsumen saat Belanja Online

Kehadiran AI turut berdampak terhadap perilaku masyarakat dalam belanja online, bahkan perannya sangat krusial, kata survei membuktikan.

img_title
VIVA.co.id
6 November 2024