Notaris hingga KJPP Mitra BTN Kini Bisa Registrasi Cepat Secara Online

Ilustrasi pembiayaan perumahan BTN.
Sumber :
  • Dokumentasi BTN.

VIVA – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menggenjot bisnis digital banking dengan meluncurkan website e-Mitra Operations yang bisa diakses melalui alamat emitra.btn.co.id. Langkah ini guna menyempurnakan digital mortgage ecosystem dalam proses pembiayaan perumahan yang sedang dibangun saat ini.

Strategi BTN Cetak SDM hingga Pemimpin Berkualitas

Direktur IT & Digital BTN, Andi Nirwoto menjelaskan, e-Mitra Operation diluncurkan untuk mendukung proses standarisasi pemrosessan kerja sama dengan mitra rekanan. Mulai dari persyaratan, prosedur registrasi, hingga pembinaan dalam pelaksanaan kerja sama.

Adapun mitra BTN yang bisa memanfaatkan e-Mitra Operation yakni rekanan penunjang perkreditan/pembiayaan yang jumlahnya sekitar 4.500 mitra.

Indonesia Mau Jadi Raja AI Dunia, Ada tapinya

“Adanya website e-Mitra Operation ini adalah bentuk keseriusan BTN untuk membuat ekosistem digital perumahan yang ditujukan agar masyarakat menjadi mudah dalam akses kepemilikan perumahan,” ujar Andi dalam keterangannya, Minggu, 17 April 2022.

Dia menjabarkan, jumlah mitra yang cukup banyak tersebut terdiri dari Notaris atau Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Kemudian, Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP), Kantor Akuntan Publik (KAP), Konsultan Pengawas, Perusahaan Asuransi dan Balai Lelang.

Penuhi Kriteria Ini, Gedung Menara 2 BTN Dapat Sertifikat Green Building
 Direktur IT & Digital BTN, Andi Nirwoto.

Direktur IT & Digital BTN, Andi Nirwoto.

Photo :
  • Dokumentasi BTN.

Andi mengungkapkan, ada lima tujuan e-Mitra Operations diluncurkan. Pertama untuk standarisasi yang akan memberikan kejelasan prosedur, tugas, wewenang, maupun peran masing-masing pihak yang terlibat dalam setiap proses kesepakatan perjanjian kerja sama. 

Kedua, mendorong transparansi dalam melakukan review terhadap mitra rekanan dalam kerja sama yang sehat dan mandiri. Kemudian ketiga, dapat memudahkan dalam monitoring dan review kinerja masing-masing pihak secara langsung dan berkelanjutan. 

Selanjutnya keempat, dapat melakukan sentralisasi di mana seluruh proses registrasi, review, monitoring dan pembinaan mitra rekanan dilakukan secara terpusat. Lalu kelima, dapat memudahkan mitra rekanan dalam melakukan pelaporan terhadap hasil pekerjaannya.

Andi menegaskan, salah satu faktor terbentuknya kualitas kredit yang baik adalah proses bisnis didukung oleh rekanan yang baik dan berkualitas. Diharapkan dengan adanya e-Mitra Operations komunikasi antara pihak bank dan mitra rekanan menjadi lebih baik karena keseluruhan prosesnya dilakukan secara digital dan tersistem. 

“Notaris/PPAT dan KJPP dengan adanya e-Mitra Operations, proses registrasi dapat dengan mudah dilakukan secara digital serta dapat diakses di mana pun dan kapan pun,” tegasnya. 

Selain itu, lanjut dia, terciptanya kanal komunikasi dengan bank yang selalu terbuka sehingga dapat langsung menerima notifikasi order pekerjaan ataupun notifikasi mengenai monitoring kinerja yang berdampak kepada lancarnya aktivitas pekerjaan Notaris/PPAT dan KJPP. 

Sedangkan untuk calon debitur BTN akan mudah mendapatkan jasa Notaris dan KJPP yang telah memiliki klasifikasi sesuai ketentuan bank serta dengan profile lengkap mengenai informasi Notaris/PPAT dan KJPP.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya