Brins Integerasikan Sistem Klaim Asuransi Kendaraan Secara Digital

Ilustrasi asuransi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kebiasaan dan ekspektasi masyarakat berubah sangat signifikan sebagai dampak dari interaksi sosial yang terbatas kala pandemi. Di mana kini masyarakat lebih memilih lakukan aktivitas maupun transaksi melalui platform online. 

Punya Visi Bangun Desa, Egi Akan Padukan Digitalisasi dan Partisipasi Warga jika Pimpin Lamsel

Data dari Digital 2022 Global Overview Report oleh We Are Social dan Hootsuite, memaparkan tingkat penetrasi digital Indonesia mencapai 73,7 persen dari total penduduk, dan sebanyak 60,6 persen menggunakan layanan online.

Merespon perubahan, BRI Insurance (BRINS) maksimalkan fitur klaim asuransi kendaraan bermotor secara digital. Yaitu, melalui sistem terintegrasi, BRINS Claim Service Solution/B-Class 

SeaBank Catat Perputaran Uang Harian Tembus Rp 3 Triliun, Pertumbuhan Nasabah Kian Moncer pada Kuartal-III 2024

Direktur Teknik BRINS, Ade Zulfikar menyampaikan, fasilitas itu mempercepat dan mempermudah proses klaim nasabah dari mulai survey online, emergency assistance, help center, hingga layanan towing.

“Klaim asuransi yang terkenal rumit kami simplifikasi dalam satu sistem digital,” ujar ade dikutip dari keterangannya, Minggu 26 Maret 2022.

Kemenko PMK Anugerahi Penghargaan Atas Aksi Nyata PNM Percepat Penghapusan Kemiskinan Ekstrem

Dia mengungkapkan, kini dengan memaksimalkan perkembangan di era digital, semua dapat dilakukan dengan mudah melalui internet. Nasabah memiliki kebebasan untuk memilih platform fitur klaim yang dimiliki BRINS, melalui BRINS Mobile, contact center, email, website dan chatbot.

Ilustrasi asuransi.

Photo :
  • www.google.com

Lebih lanjut dia menjelaskan, semua platform tersebut terintegrasi dengan B-Class yang memungkinkan kecepatan proses verifikasi klaim secara real time, maksimal 2 jam setelah nasabah melakukan laporan klaim.

Selanjutnya, survei atas penanganan klaim B-Class dapat dilakukan secara langsung maupun secara online setelah laporan terverifikasi klaim maksimal 1x24 jam saja dan akan disambungkan ke bengkel terdekat. 

Melalui B-Class, seluruh laporan dan dokumen yang dibutuhkan saat klaim disimplifikasi secara digital dan akan terintegrasi secara online. Sehingga memudahkan tracking klaim secara real time.

Sementara itu lanjutnya, bagi nasabah yang membutuhkan bantuan darurat, akan disediakan petugas derek, ambulans dan paramedis yang bisa didapatkan saat mengalami kerugian. Di mana ke depannya juga akan terintegrasi dalam B-Class melalui fitur panic button dalam BRINS Mobile. 

“Dengan integrasi sistem klaim kami, masyarakat dapat merasakan kemudahan klaim dalam genggaman. Melalui inovasi digital di sisi internal maupun eksternal, kami harap bisa meningkatkan kepuasan dan menciptakan rasa aman pada masyarakat,“ Tutup Ade.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya