DBS Indonesia Gandeng CARInih Bangun Ekosisten Digital UMKM
- dbs.com
VIVA – Bank DBS Indonesia bekerja sama dengan perusahaan teknologi CARInih, perusahaan berbasis teknologi berkolaborasi membangun ekosistem guna mendukung transformasi digital bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) baik secara online maupun offline.
Bergabung menjadi nasabah Bank DBS Indonesia sejak Desember 2021, CARInih menyediakan aplikasi yang dilengkapi layanan perbankan korporasi digital dari Bank DBS Indonesia, salah satunya produk DBS MAX QRIS. Kerja sama ini memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam bertransaksi dan menjamin kelancaran pembayaran kepada mitra.
SVP Institutional Banking Group PT Bank DBS Indonesia Angela Thenaria mengungkapkan, tingginya kebutuhan masyarakat untuk berbelanja secara digital menuntut UMKM untuk turut menjajakan produknya melalui platform digital.
Berdasarkan laporan e-Conomy SEA 2021 dari Google, Temasek, dan Bain & Company, nilai gross merchandise value (GMV) Indonesia pada 2021 diperkirakan mencapai total US$70 miliar, dengan pertumbuhan tahunan sebesar 49 persen dibandingkan dengan 2020.
"Solusinya perbankan berbasis digital di mana memudahkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi. Sehingga membantu pertumbuhan bisnis mereka (UMKM), dengan seluruh kekuatan digital yang kami miliki, disebut This is DBS digibanking," ujar Angela dikutip dari keterangannya, Jumat, 25 Februari 2022.
Peningkatan yang tajam transaksi digital ini sejalan dengan pertumbuhan nilai total transaksi sektor e-Commerce sebesar 52 persen. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam acara 3rd Indonesia Fintech Summit 2021 juga memaparkan bahwa terdapat 2.319 startup di Indonesia hingga akhir tahun 2021.
“Melihat geliat digitalisasi pada sektor UMKM mendorong Bank DBS Indonesia untuk secara aktif memberikan solusi perbankan yang mudah, aman, dan nyaman sesuai dengan prinsip kami ‘Live More, Bank Less’," tambahnya.
"Dengan mendukung pengadopsian teknologi digital pada sektor UMKM, maka Bank DBS Indonesia turut menjadi bagian dari ekosistem digital serta mempercepat inklusi finansial di tanah air,” ungkap
Dia menjabarkan, Layanan DBS MAX QRIS yang tersedia pada aplikasi CARInih merupakan sebuah sistem pembayaran digital menggunakan Quick Response Indonesia Standard (QRIS). Yang, memberikan pelayanan penyelesaian kredit secara real time dengan memindai untuk membayar (scan and pay).
DBS MAX QRIS akan memberikan laporan yang komprehensif dengan mengintegrasikan transaksi dari berbagai QRIS melalui QRIS-Encore report untuk memudahkan proses rekonsiliasi CARInih dan memudahkan kelancaran pembayaran ke mitra.
Ketika pelanggan ingin menggunakan metode pembayaran QRIS, pelanggan juga dapat memilih sumber pembayaran baik menggunakan bank atau e-wallet. Setelah itu, pelanggan akan menerima notifikasi transaksi secara real time melalui Instant Credit Notification.
"Bagi kami, aplikasi sama dengan solusi. Besar harapan kami, kehadiran CARInih dapat menjadi pilihan solusi bagi teman-teman pelaku usaha UMKM Indonesia pada khususnya dalam menjalankan usahanya," ujar Founder dan CEO PT DKI, Tan Leny Yonathan.
Lebih lanjut Head of Sales Global Transaction Services, PT Bank DBS Indonesia, Husin Hartono mengungkapkan, Bank DBS Indonesia memaksimalkan pengalaman digital dan user journey pelanggan serta mitra CARInih dengan menghadirkan solusi DBS MAX QRIS yang terintegrasi dengan penggunaan API.
"Layanan ini merupakan solusi yang memudahkan transaksi pelanggan CARInih dan pembukuan CARInih dalam menjalankan bisnisnya sehari-hari.” tambahnya.