KAI Tolak 10.432 Penumpang saat Libur Natal, Ini Alasannya

Penumpang KAI
Sumber :
  • Dok. KAI

VIVA – Pada periode libur Natal yakni 24-26 Desember 2021, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI melayani 146.634 pelanggan KA Jarak Jauh atau rata-rata 48.878 pelanggan per hari. Jumlah tersebut adalah sebanyak 60 persen dari kapasitas yang KAI sediakan yaitu sebanyak 242.466 tempat duduk.

KAI dan BNI Resmikan Nama Baru Stasiun Dukuh Atas

Rute yang menjadi favorit masyarakat pada periode tersebut adalah Jakarta-Cirebon PP, Jakarta-Purwokerto PP, Yogyakarta-Purwokerto PP, Surabaya-Madiun PP.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, pihaknya tetap konsisten menjalankan protokol kesehatan dengan ketat guna mencegah penyebaran Covid-19 melalui transportasi kereta api. Untuk menciptakan physical distancing, KAI juga menerapkan pembatasan kapasitas tempat duduk yang dijual yaitu hanya sebanyak 80 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia, sesuai SE Kemenhub No 112 Tahun 2021.

KAI Logistik Kelola Lebih dari 22 Juta Ton Barang hingga Oktober 2024

“KAI memastikan hanya pelanggan yang benar-benar memenuhi ketentuan yang boleh berangkat naik KA pada masa Nataru ini sesuai dengan regulasi pemerintah,” kata Joni dikutip dalam keterangan tertulis, Senin 27 Desember 2021.

Libur Nataru di Sumut, jumlah penumpang KAI turun drastis

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution
Musim Hujan Datang, KAI Siapkan Fasilitas Ini untuk Pengguna LRT Jabodebek

Joni menjelaskan, total pelanggan yang ditolak berangkat pada periode 24-26 Desember ada sebanyak 10.432 pelanggan. Rinciannya adalah belum vaksin kesatu dan kedua 2.115 pelanggan, pelanggan usia di bawah 12 tahun belum PCR 5.373 pelanggan, sakit 36 pelanggan, dan tidak antigen 2.908 pelanggan.

“Kami terus mengingatkan kepada calon pelanggan untuk melengkapi persyaratan naik KA pada masa Nataru sesuai SE Kemenhub No 112 Tahun 2021. Mulai 24 Desember hingga 2 Januari 2022 calon pelanggan usia di atas 17 tahun wajib telah divaksin dosis kedua dan bagi anak di bawah 12 tahun wajib menunjukkan hasil negatif PCR 3x24 jam,” ujar Joni.

Secara umum, pada periode 17-26 Desember 2021, KAI telah melayani 526.939 pelanggan KA Jarak Jauh atau rata-rata 52.694 pelanggan per hari. Okupansinya mencapai 67 persen dari kapasitas yang tersedia yaitu sebanyak 787.583 tempat duduk. 

Untuk masa libur berikutnya yakni libur Tahun Baru 2022, tiket KA Jarak Jauh yang telah dipesan pada 27 Desember s.d 4 Januari 2022 adalah sebanyak 154.154 tiket atau rata-rata 17.128 tiket per hari. Jumlahnya masih di bawah 30 persen dari kapasitas yang KAI sediakan yaitu sebanyak 658.670 tempat duduk.

Joni mengatakan jumlah tersebut masih akan bertambah dikarenakan penjualan tiket masih terus berlangsung hingga saat ini.

“Pada masa pandemi COVID-19 ini, masyarakat dapat menggunakan Kereta Api untuk bepergian karena Kereta Api merupakan moda transportasi yang secara konsisten menerapkan protokol kesehatan dalam setiap layanannya," tutup Joni. 

Penumpang naik Kereta Api dari Stasiun Semarang Tawang

KAI Amankan Barang Penumpang Tertinggal Senilai Rp11,4 Miliar Selama 2024

"Selama periode Januari hingga Oktober 2024, KAI berhasil mengamankan 7.237 barang temuan dengan estimasi nilai total mencapai Rp11.418.824.365," kata Anne Purba.

img_title
VIVA.co.id
21 November 2024