KCIC Ungkap Pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung Nyaris 80 Persen

Konstruksi proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung.
Sumber :
  • VIVA/Dusep Malik

VIVA – Pertanyaan terkait kapan selesainya proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) kian mencuat. Hal itu seiring dengan rencana penggunaan APBN untuk proyek yang telah dimulai sejak tahun 2016 itu. 

10 Jadwal Whoosh Berubah Imbas Beroperasinya Stasiun Karawang, Catat Jadwal Terbarunya!

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) selaku pelaksana proyek pun buka suara. Disebutkan, progres pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung kini sudah mencapai 79 persen atau nyaris 80 persen. PT KCIC menyatakan, terus melakukan berbagai upaya percepatan untuk menjaga agar target operasional KCJB di akhir tahun 2022 bisa terwujud.

Direktur Utama PT KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi menyebutkan, saat ini PT KCIC bersama konsorsium kontraktor sedang berfokus untuk melakukan percepatan pembangunan di 237 titik konstruksi secara komprehensif. Diakuinya pandemi COVID-19 yang melanda dunia sejak awal tahun 2020 cukup menghambat proses pembangunan KCJB. 

Stasiun Whoosh Karawang Siap Layani Penumpang Mulai 24 Desember, Berikut Tarif dan Jadwalnya

“Pandemi cukup memberikan dampak pada progress pembangunan KCJB. Untuk itu fokus kami sekarang ini adalah melakukan percepatan pembangunan,” ujar dia dikutip dalam keterangannya, Senin 18 Oktober 2021.

Baca juga: IHSG Diproyeksi Menguat di Awal Pekan, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

KCIC Tegaskan Tak Terlibat Pengadaan Proyek Kereta Cepat Whoosh

Pemasangan erection box girder proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung di Interchange Moh. Toha Ruas Tol Padaleunyi.

Photo :
  • Jasa Marga

Dijelaskan, titik-titik konstruksi yang menjadi prioritas ke depan antara lain penyelesaian 3 terowongan yang tersisa dari 13 terowongan yang ada di jalur KCJB. Ketiga terowongan prioritas itu adalah tunnel #2 sepanjang 1.040 meter di Jatiluhur, Purwakarta (progres tergali 686 meter), tunnel #4 sepanjang 1.315 meter di Plered, Purwakarta (progres tergali 1.149 meter), dan tunnel #6 sepanjang 4.478 meter di Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat (progres tergali 4.204 meter). 

Selain itu, PT KCIC sedang mempercepat penyelesaian pekerjaan relokasi SUTT PLN dan erection girder untuk konstruksi elevated track, terutama yang berada di DK 132 dan DK 134 di daerah Batununggal, Bandung, Jawa Barat. 

Tak hanya itu, Dwiyana menambahkan, saat ini pekerjaan subgrade 18#, 19#, dan 20# yang berlokasi di perbatasan antara Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta menjadi salah satu titik konstruksi yang dikebut pengerjaan konstruksinya.

Selain percepatan pada konstruksi jalur KCJB, Dwiyana memaparkan PT KCIC juga sedang melakukan percepatan pembangunan Stasiun Kereta Cepat Halim, Karawang, dan Tegalluar. 

“Saat ini, pengerjaan di tiga Stasiun Kereta Cepat di Halim, Karawang, dan Tegalluar juga sedang kami kebut agar segera siap menyambut para penumpang sesuai target di akhir tahun 2022,” paparnya.

Sedangkan Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta yang akan digunakan ketika operasional nanti, saat ini sedang dalam tahap produksi di pabrik China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) Sifang yang berada di Qingdao, Tiongkok.

Termasuk juga pembuatan Comprehensive Inspection Train (CIT) atau Kereta Inspeksi yang nantinya akan digunakan untuk pengecekan rutin jalur kereta cepat guna memastikan keamanan dan kehandalan pengoperasian KCJB.

Untuk persiapan operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung, PT KCIC dengan Kementerian Perhubungan saat ini sedang melakukan pembahasan dan harmonisasi Rancangan Peraturan Menteri Perhubungan untuk mendukung pengoperasian KCJB. Di sisi lain, dilakukan juga pelatihan SDM hingga pembuatan SOP sebagai bagian dari persiapan operation and maintenance readiness.

“Dengan semua upaya maksimal yang kami lakukan, diharapkan target pengoperasian KCJB di akhir tahun 2022 bisa tercapai,” ujarnya.

Seperti yang diketahui, pada fase pengoperasian awal yang ditargetkan di akhir tahun 2022, Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan menempuh trase sepanjang 142,3 kilometer.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan melintasi 9 Kota dan Kabupaten di Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat. Stasiun keberangkatan sekaligus kedatangan kereta cepat berada di wilayah Jakarta, yakni melalui Stasiun Halim, kemudian melintasi Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang dan berakhir di Stasiun Tegalluar.

Didukung dengan keberadaan Depo di Tegalluar sebagai tempat perawatan dan pemeriksaan EMU, kereta berjenis CR400AF yang memiliki kecepatan desain maksimum hingga 400 km per jam dan kecepatan operasi maksimum 350 km per jam merupakan kunci konektivitas dan efisiensi yang melebur batas geografis Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya