Facebook Sarankan Akun Bisnis Jangan Beli Follower, Ini Alasannya

Facebook, salah satu pelaku usaha OTT.
Sumber :
  • WIRED Middle East

VIVA – Para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kerap menggunakan media sosial Facebook, sebagai salah satu platform untuk memasarkan sekaligus menjual produknya.

Prabowo Mau Kasih Proyek Infrastruktur ke Swasta, Ketua Umum Kadin Bilang Begini

Facebook Trainer, Niko Atmadja, mengakui bahwa jumlah pengikut atau follower dari suatu akun bisnis di Facebook, cukup bisa untuk mempengaruhi daya saing dan penjualan dari sebuah produk yang dipasarkan.

Namun, nyatanya saat ini cukup banyak para pelaku usaha atau bisnis di Facebook, yang justru mengambil jalan pintas dengan membeli jumlah follower untuk akun bisnis mereka tersebut.

Airlangga: Pemerintah Bersyukur Kadin Sudah Bersatu dan Kompak

"Saran kami adalah jangan lakukan itu (membeli follower)," kata Niko dalam telekonferensi di acara 'Pelatihan UMKM Bersama Kadin Indonesia', Rabu 14 April 2021.

Niko menegaskan bahwa cara instan dengan membeli follower bagi suatu akun bisnis di Facebook itu, adalah langkah yang bisa dibilang percuma dan terkesan sia-sia.

Usai Dikukuhkan Jadi Ketua Umum Kadin, Anindya: Mari Gotong Royong Bangun Perekonomian

Karena sebenarnya, yang dibutuhkan oleh sebuah akun bisnis di Facebook untuk menggenjot pemasaran dan meningkatkan penjualannya, adalah kualitas interaksi dengan para follower atau calon pembeli dari produk tersebut.

"Jadi percuma kalau cuma naik jumlah follower-nya, tapi interaksinya tidak ada," ujar Niko.

Maka dari itu, Niko pun menyarankan kepada para pelaku usaha yang memiliki akun bisnis di Facebook, untuk mengembangkan akunnya secara organik dan meraih jumlah follower yang alami berdasarkan giatnya interaksi yang dilakukan melalui konten-konten yang di-posting.

Dan yang terpenting, lanjut Niko, dibutuhkan respons guna menjalin interaksi yang kuat dan terjalin baik dengan para follower, atau siapapun yang memberikan tanggapan pada postingan produk-produk yang dipasarkan oleh pemilik akun bisnis tersebut.

"Yang penting adalah, walaupun follower-nya tidak terlalu banyak, tapi setiap kali Anda ngepost, bikin konten, atau update story, itu bisa mendapatkan interaksi yang banyak dari peserta atau pemirsa Anda," ujarnya.
 

Musyawarah Nasional Konsolidasi Persatuan Kadin

Pesan Penting Prabowo di Munas Konsolidasi Kadin Indonesia

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Transformasi Tehnologi dan Digital, Teguh Anantawikrama mengungkapkan pesan yang diberikan Presiden Prabowo Subianto dalam munas konsolidasi

img_title
VIVA.co.id
17 Januari 2025