Rumah Zakat Bidik Perolehan Wakaf dari Milenial Tahun Ini

Ilustrasi memberikan zakat.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Lembaga filantropi Rumah Zakat menargetkan perolehan wakaf yang potensinya mencapai Rp180 triliun dengan sasaran pemberi wakaf dari generasi milenial. Target itu berkaca pada catatan 2020, Rumah Zakat berhasil menghimpun Rp391 miliar dalam bentuk uang.

Wakaf 100 Juta, Menag Rilis Gerakan Wakaf Uang Kementerian Agama

Chief Executive Officer Rumah Zakat, Nur Efendi, menjelaskan, untuk menarik pemberi wakaf generasi muda, pihaknya menyediakan wadah platform waqf.id untuk kemudahan umat muslim dalam mewakafkan uangnya. Kurangnya literasi dan transparansi wakaf masih menjadi tantangan pihaknya dalam menampung pemberi wakaf.

Baca jugaSingapura dan China Dominasi Investasi Asing di Indonesia 2020

Jangan Jadi Korban! Lindungi Rekening Anda dari Modus Penipuan QRIS Palsu

“Kami berharap waqf.id menjadi sarana yang memudahkan generasi muda dalam berwakaf secara online. Kami akan terus mengembangkan waqf.id  ini, sehingga dapat menjadi platform yang semakin mudah penggunaannya dan juga terjamin transparansi penggunaan dana wakafnya,” ujar Nur dalam konferensi pers online, Senin 25 Januari 2021.

Nur memproyeksikan, platform tersebut memberi kemudahan umat muslim dalam membayar wakaf. Dengan beragam cara seperti transfer antarrekening, virtual account, kartu kredit, hingga, e wallet, dan transparansi penggunaan anggaran secara periodik.

Mengenal Financial Nihilism yang Ramai di Kalangan Gen Z, Apa Sih Sebabnya?

Nur mengungkapkan, pada kinerja 2020, dari dana wakaf Rumah Zakat telah mengelola 95 sumber air, 20 masjid, sembilan madrasah, kebun kelapa aromatic, pabrik penyulingan cengkeh, rumah kontrakan, minimarket, kebun sayur, lumbung pangan, peternakan domba, hingga wakaf saham. 

“Di tahun 2021 ini, kami akan membangun sekolah dan juga rumah sakit dari dana wakaf uang. Semoga dana wakaf dapat semakin teroptimalkan untuk membangkitkan perekonomian negara kita,” ungkap Nur.

Ilustrasi Minum Kopi

Mengenal Istilah 'Latte Factor' yang Bikin Gen Z dan Milenial Makin Boncos

Pernahkah Anda merasa gaji habis begitu saja tanpa sadar ke mana perginya uang Anda? Fenomena ini tentu sering terjadi, tak terkecuali pada generasi muda seperti Gen Z.

img_title
VIVA.co.id
20 November 2024