Ekonomi Digital Solusi Kembangkan Daerah 3T, Ini Buktinya

Kegiatan pengembangan potensi ekonomi digital di Sumba.
Sumber :
  • Dokumentasi Kominfo.

VIVA – Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika, menggenjot potensi ekonomi digital di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).Sebab, digitalisasi adalah salah satu kunci suksesnya pemasaran di daerah tersebut.

Apa yang Dicari Investor? 10 Faktor Kunci yang Mempengaruhi Keputusan Investasi ke Startup

Direktur Layanan Teknologi Informasi untuk Masyarakat dan Pemerintah Danny Januar Ismawan mengungkapkan, upaya yang dilakukan pihaknya saat ini dengan program Dayamaya. Program ini mengajak para pelaku startup, e-Commerce, komunitas, kelompok masyarakat dan UMKM digital, bersinergi mengembangkan potensi serta membuat solusi tepat guna bagi masyarakat di daerah 3T.

Baca juga: Gebrakan Syahrul Yasin Limpo Gantikan Luhut Nahkodai KKP

Mengenal Angel Investor: Pengertian, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya untuk Bisnis Pemula

“Melalui peran startup, komunitas, dan UMKM yang terlibat, kami harapkan dapat mempercepat kemajuan di daerah 3T. Saat ini sudah ada lima inisiatif, dari 18 yang terpilih pada tahun 2019, yang mulai berproses di masyarakat," ujar Danny dikutip dari keterangannya, Kamis 3 Desember 2020.

Dia menjabarkan, untuk tiga dari 18 inisiatif yang telah berkesempatan memberikan kontribusi kepada masyarakat yaitu Atourin, Cakap, dan Jahitin. Atourin sebagai perusahaan teknologi di sektor pariwisata yang menyediakan jasa dan layanan baik secara online maupun offline untuk industri pariwisata Indonesia. 

Ketua Umum Kadin Anindya Bakrie Ungkap 3 Market Masa Depan Indonesia

Menurut Reza Permadi selaku Tim Operasional Atourin, pada 2019 terdapat 10 pemandu wisata di Natuna sudah memiliki lisensi, lebih berani melakukan self branding, dan mulai memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi. Dengan ini diharapkan akan ada lebih banyak lagi pemandu wisata yang berlisensi.

“Di masa pandemi ini, salah satu satu program kami yaitu melakukan pelatihan secara daring bagi pemandu wisata se-Indonesia. Kami ajarkan bagaimana cara membuat tur virtual. 

Menurutnya, dengan pelatihan ini, diharapkan pemandu wisata dapat memanfaatkan internet untuk menghadirkan layanan virtual tur baik kepada wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

Sementara itu, Chief Executive Officer Cakap Tommy Yunus mengatakan, Cakap sebagai platform online pembelajaran bahasa asing, kini mendukung pengembangan daerah wisata dengan meningkatkan kemampuan masyarakat dari sisi penguasaan bahasa, utamanya bahasa Inggris.

Dalam kontribusinya, pada 2019 melalui program Dayamaya, Cakap telah menyelenggarakan digital assessment di Kabupaten Sabu Raijua dan Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), menggunakan standarisasi The Common European Framework of Reference for Languages (CEFR). 

Program melibatkan peserta setingkat pelajar SMA sebanyak 250 orang, kegiatan ini dilakukan secara daring melalui ruang belajar digital dalam sebuah kelas online yang diisi oleh guru bahasa Inggris asing (ESL Teacher).

“Di masa pandemi ini kami menggelar program pelatihan secara daring bagi penggiat dan pelaku pariwisata yang tentu saja difasilitasi oleh BAKTI, Kementerian Pariwisata dan pemerintah daerah. Cakap selaku mitra platform pembelajaran memberikan kesempatan kepada masyarakat pelaku industri pariwisata untuk belajar bahasa Inggris secara gratis," ujarnya.

Bila Cakap meningkatkan kemampuan SDM dari sisi bahasa, maka Jahitin Academy memberdayakan SDM dengan meningkatkan skill para penjahit di Provinsi NTT, khususnya di Sumba Barat dan Sumba Barat Daya. Melalui workshop pengolahan limbah kain tenun, Jahitin  mengajarkan bagaimana cara mengolah limbah tenun menjadi produk yang bernilai jual, seperti untuk membuat cushion pillow.

Tidak hanya itu, Jahitin juga membantu para penjahit agar dapat lebih mudah mengakses pasar. Dampaknya saat ini penjahit di Sumba sudah mendapatkan akses langsung berhubungan dengan Dinas Perdagangan.

“Di masa pandemi kami melakukan pelatihan kepada para penjahit, bagaimana cara membuat masker sesuai dengan standar kesehatan. Hasilnya, para penjahit di Sumba berhasil mendapatkan orderan membuat 5.000 masker,” kata Asri Wijayanti, juru bicara Jahitin.

Lebih lanjut, Kepala Divisi Layanan Telekomunikasi dan Informasi untuk Masyarakat Ari Soegeng Wahyuniarti mengatakan, Pemerintah tidak bisa sendiri membangun daerah 3T. Untuk itu, peran dari para startup dan komunitas sangat diperlukan untuk bersama-sama bersinergi mempercepat pembangunan di daerah  3T.

“Dengan merangkul stakeholder strategis, kami yakin kita akan memiliki daya atau berdaya untuk bersama-sama membawa perubahan di daerah 3T. Utamanya perbaikan dari sisi perekonomian berbasis ekonomi digital,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya