Aprindo Ungkap Anomali Ritel Konvensional di Tanah Air

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO)
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menegaskan, ritel konvensional masih mendominasi pangsa pasar konsumen di Indonesia. Perdagangan online atau e-commerce hanya menguasai di bawah 10 persen konsumen di Indonesia. 

Tantangan Bisnis Ritel di Indonesia Tahun 2025

Ketua Umum Aprindo, Roy Nicholas Mandey mengemukakan, ritel konvensional bukannya 'terkapar' digempur e-commerce. Hanya saja, ada anomali di ritel konvensional atau offline yang saat ini merampingkan luasan usahanya. 

"Sekarang ini terjadi di mana hypermarket yang kelas 5.000 atau 6.000 meter persegi beranomali menjadi luasan 1.500-2.000 meter per segi," kata Roy, di sela pertemuan Asosiasi Pengusaha Pemasok Pasar Modern Indonesia (AP3MI) dengan pengusaha ritel, di hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta, Senin, 29 Juli 2019.

PPN Naik Jadi 12 Persen, Ketua Aprindo Minta Sri Mulyani Tinjau Ulang

Menurutnya, kondisi ini terjadi karena kebutuhan masyarakat untuk berbelanja itu  sebetulnya cukup dengan luasan hanya 1.500 sampai 2.000 meter per segi. "Sehingga, beberapa yang besar itu coba mengefisiensikan tokonya dari luasan besar ke yang lebih kecil," katanya.

Selain itu, Roy mengungkapkan, juga ada fenomena relokasi toko ritel dari lokasi yang kurang produktif ke lokasi yang baru atau lebih produktif. "Jadi ritel itu tidak akan hilang atau berakhir. Tapi berevolusi terhadap situasi atau perkembangan apa yang terjadi teknologi maupun behaviour konsumen," katanya.

SeaBank Laporkan Laba Bersih Rp 291 Miliar pada Kuartal-III 2024, Fokus Pembiayaan Segmen Ritel

Untuk pertumbuhan yang tinggi, menurut dia, terjadi di perusahaan online rintisan atau start up. Tetapi, transaksi di ritel offline jauh lebih besar ketimbang online.

Di sisi lain, dia menegaskan, perusahaan ritel konvensional juga sudah merambah ke bisnis online. Setidaknya sudah 95 persen dari anggota Aprindo yang memulai bisnis online. "Jadi hanya tinggal 5 persen yang belum kombinasi marketnya atau fisikal store-nya ada online," ujarnya. (ase)

Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Solihin

Luhut Kasih Sinyal Penerapan PPN Naik Jadi 12 Persen Diundur, Aprindo: Kami Minta Menunda

Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Solihin menyatakan keberatan atas rencana kenaikan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi 12 persen pada 2025.

img_title
VIVA.co.id
28 November 2024