Logo WARTAEKONOMI

Bekas Customer Service Ini Sukses Dirikan JNE

Berawal dari Customer Service, Djohari Zein Sukses Dirikan JNE. (FOTO: Istimewa)
Berawal dari Customer Service, Djohari Zein Sukses Dirikan JNE. (FOTO: Istimewa)
Sumber :
  • wartaekonomi

Tentu kamu sudah enggak asing lagi dengan JNE, perusahaan logistik ternama di Indonesia. Di balik keberhasilan JNE, ada sosok pendirinya yang begitu berjasa, yakni Djohari Zein.

Bisa dibilang, perjalanan karier dan bisnis Djohari memang cukup inspiratif. Kesuksesan pria kelahiran 1954 silam ini ternyata buah dari kerja kerasnya dalam waktu yang lama. Djohari telah melanglang buana selama 25 tahun di dunia bisnis logistik.

Menambah harta kekayaannya, kini ia pun aktif sebagai investor perusahaan-perusahaan startup berbasis teknologi.

Sebelum berbisnis logistik, lulusan akademi perhotelan dan pariwisata Universitas Trisakti ini, sempat berbisnis majalah remaja. Saat itu, dia mengetik majalahnya sendiri dengan mesin tik. Kerennya, bisnis ini dilakoni Djohari saat ia duduk di bangku SMP.

Ketika kuliah, dia mengambil jurusan Perhotelan di Trisakti dan setelah lulus dia diterima kerja di Hotel Hilton, di sanalah dia belajar menjadi seorang customer service.

Selama empat setengah tahun berkarier di Hotel Hilton, Djohari menduduki posisi Front Office Cashier Supervisor. Dan setelah itu, dia pindah ke Skypak International Jakarta (sekarang bernama TNT), sebuah perusahaan logistik.

Di perusahaan itu, Djohari Zein menduduki posisi operational manager. Setelah empat tahun bekerja di sana, dia memutuskan mendirikan perusahaan logistik yang bernama WorldPack yang akhirnya bermitra dengan perusahaan Singapura, namanya pun berubah jadi Pronto Rekakurir.