Belanja Modal 2019 Rp1,1 Triliun, Unilever Tambah Kapasitas Produksi
- Unilever.co.uk
VIVA – PT Unilever Indonesia Tbk, mengalokasikan dana capital expenditure atau belanja modal di tahun ini mencapai Rp1,1 triliun. Anggaran itu akan digunakan, untuk antara lain untuk menambah kapasitas produksi yang dimiliki.
Sekretaris Perusahaan Unilever Indonesia, Sancoyo Antarikso menjelaskan, alokasi anggaran tersebut tak jauh beda dengan jumlah total capex yang dianggarkan pada 2018 lalu.
"Itu (Capex) untuk penambahan kapasitas di pabrik-pabrik yang sudah ada, dan penambahan alat-alat distribusi," kata Sancoyo di Jakarta, Kamis 4 April 2019.
"Selain itu, akan ada juga alokasi pada program-program atau investasi, yang berhubungan dengan sustainability dan inovasi," tambahnya.
Sancoyo mengungkapkan, penambahan kapasitas produksi terutama akan dilakukan untuk pengembangan produk es Krim yang dijual. Seperti diketahui, Unilever merupakan pemilik merek es krim Wall’s.
"Produksi yang akan banyak pengembangannya adalah pabrik es krim. Karena, volume penjualan dari sana cukup banyak," ungkapnya.
Lebih lanjut, menurutnya, sebagian belanja modal berasal dari kas internal perusahaan. Sementara itu, sebagian lainnya berasal dari eksternal antara lain pinjaman bank.
"Porsinya kita cukupi dari internal kas, kalau ada sisanya, baru kita ke bank loan. Jadi, tidak pasti," ujarnya. (asp)