Lakukan Rutinitas Sepele Ini Saat Malam, Anda Bakal Cepat Sukses
- http://4muda.com
VIVA – Cara seseorang menutup harinya dipercaya dapat membangun kesuksesan pada keesokan harinya. Buktinya dapat dilihat dalam diri orang-orang paling sukses di dunia seperti Jack Ma, Bill Gates, Mark Zuckerberg dan lainnya.
Aktivitas yang mereka lakukan setiap hari lama-kelamaan menjadi suatu kebiasaan yang dapat membentuk kepribadian positif.
Semua orang memiliki jatah waktu yang sama dalam satu hari yaitu 24 jam. Tetapi, bagaimana cara orang tersebut memanfaatkan waktu 24 jam tersebut? Sebab yang dimiliki menjadi unsur paling penting demi membangun kesuksesan.
Tentu saja, semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk meraih sukses. Akan tetapi, seberapa besar dapat memanfaatkan waktu dengan baik, efektif dan efisien, itulah yang berkesempatan untuk mewujudkan kesuksesannya.
Nah, justru dari rutinitas sepele di malam hari ternyata bisa mengantarkan seseorang untuk meraih impiannya. Apa saja itu? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut rutinitas sepele di malam hari yang bisa membuat Anda sukses.
1. Buatlah catatan dari penilaian kinerja dalam sehari
Selepas pulang kerja, buatlah catatan untuk menilai berbagai aktivitas yang sudah dilakukan dalam satu hari. Mulai dari berangkat kerja, aktivitas di kantor, hingga pulang kerja.
Kemudian, tuliskan dalam bentuk poin-poin secara berurutan. Supaya lebih lengkap, tuliskan pula tantangan dan hambatan kerja yang dialami untuk dijadikan penilaian pada hari esok. Meski terasa membosankan, tapi lakukan evaluasi kinerja ini setiap hari. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui progres kerja secara maksimal.
Jika terdapat kesalahan strategi yang dapat mengurangi produktivitas, Anda dapat segera memperbaikinya demi hari esok yang lebih baik.
2. Susunlah rutinitas kerja yang baru
Setelah melakukan evaluasi, sekarang saatnya menyusun rutinitas kerja yang baru untuk esok hari. Catat pekerjaan yang harus diselesaikan beserta target waktu menyelesaikan pekerjaan tersebut.
Cara ini sangat membantu agar tugas dapat terselesaikan secara tepat waktu dan tidak membuang waktu dengan sia-sia. Pastikan tidak ada satu pun pekerjaan yang bentrok dengan pekerjaan lain. Kalaupun ada, buatkan penjadwalan ulang sehingga semua pekerjaan dapat berjalan dengan lancar dan terselesaikan.
3. Menghabiskan waktu bersama keluarga
Kesuksesan seseorang tidak pernah lepas dari pengaruh keluarga tercinta. Keluarga adalah orang terdekat yang akan selalu mendukung Anda dalam segala hal, termasuk karier. Sepadat apapun rutinitas kerja, tetap luangkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga.
Tak perlu menunggu akhir pekan tiba untuk bisa berkumpul, tapi manfaatkan sisa waktu yang Anda miliki sehabis pulang kerja untuk sekadar berbagi cerita dan menebar canda tawa bersama mereka.
Menghabiskan waktu bersama keluarga memberi suasana rileks, sehingga Anda dapat berpikir jernih dalam menghadapi berbagai masalah dan tekanan di dunia kerja.
4. Menyantap makanan sehat dan bergizi
Bekerja seharian tentu menguras banyak tenaga. Untuk mengembalikan daya tubuh, santaplah makanan sehat dan bergizi. Mengingat tubuh membutuhkan asupan gizi yang cukup, sebaiknya hindari makanan berbau cepat saji yang akan menumpuk banyak lemak dalam tubuh.
5. Membereskan sisa pekerjaan
Meskipun jam kerja telah usai, namun yang namanya urusan kerja tidak akan pernah ada habisnya. Jika urusan kerja di kantor belum selesai, segera bereskan sesampainya di rumah. Mulai dari pesan masuk di media sosial, e-mail atau SMS agar hari esok tidak tersita karena urusan kerja yang beum usai pada hari sebelumnya.
Mengingat rutinitas kerja begitu padat, jangan pernah membuang-buang waktu untuk hal-hal yang tidak berguna. Bagaimanapun juga, Anda harus mampu mengesampingkan urusan yang tidak terlalu penting untuk sesuatu yang lebih penting.
6. Menyetel alarm untuk besok pagi
Meskipun sudah terbiasa bangun pagi, pasti ada satu momen di mana Anda merasa lelah dan enggan bekerja. Akibatnya waktu bangun pagi tidak sama seperti waktu biasanya. Maka dari itu, selalu setel alarm pada malam hari agar Anda tidak terlambat bangun keesokan paginya.
Usahakan untuk menyetel alarm 2 – 3 jam sebelum berangkat kerja agar Anda lebih produktif di pagi hari. Anda bisa berolahraga, memasak, sarapan dan menyiapkan diri sebaik mungkin untuk menyambut hari baru.
7. Menjaga kualitas tidur
Kualitas tidur yang buruk akan memengaruhi produktivitas kerja pada hari berikutnya. Di samping itu, rasa lelah juga mengakibatkan Anda mudah emosi terutama jika bertemu rekan kerja yang menyebalkan.
Untuk itu, ubahlah pola tidur menjadi lebih baik sehingga Anda bisa mendapat tidur yang berkualitas. Bagi yang menderita insomnia, sebaiknya hindari tidur siang agar mudah terlelap pada malam harinya. Hindari pula minuman berkafein beberapa jam sebelum tidur karena efek kafein menyebabkan mata melek seharian.
Kebiasaan timbul karena sering dilakukan
Mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik tentunya membutuhkan proses yang cukup panjang. Namun prosesnya akan semakin singkat jika Anda berusaha melakukannya sesering mungkin agar semakin terbiasa dengan kebiasaan baik. Lakukan kebiasaan-kebiasaan kecil yang positif tapi berdampak pada kesuksesan. (row)