Peran Keluarga Terhadap Kelangsungan Bisnis Grup Bakrie Positif

Okder Pendrian dalam Sidang Terbuka Promosi Doktor.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Peran keluarga atau family influence dalam bisnis dipandang memberi dampak positif terhadap kelangsungan perusahaan. Hal ini terlihat dari banyaknya bisnis keluarga yang mampu bertahan di atas 10 tahun, bahkan mampu berjalan turun temurun hingga tiga generasi.

Arus Kas Lebih Kuat, BNBR Berhasil Turunkan Liabilitas 38 Persen, Ekuitas Naik 62,7 Persen

Demikian disampaikan Direktur & CEO PT Bakrie Solusi Strategis (BSS), sekaligus Head of Human Capital & Office Support PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), Okder Pendrian dalam Sidang Terbuka Promosi Doktor atas nama dirinya di Kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia.

Disertasi berjudul “Studi Pengaruh Corporate Parenting Role dan Family Influence Terhadap Orientasi Kewirausahaan dan Inisiatif Stratejik serta Kinerja di Unit Bisnis pada Family Business Groups di Indonesia" ini berhasil mengantarkan Okder Pendrian memperoleh gelar doktor dengan predikat Cumlaude.

Kuasi Reorganisasi Rampung, BNBR Kini Bisa Fokus Jalankan Bisnis dengan Lebih Baik

Okder berhasil mempertahankan disertasinya pada bidang Ilmu Manajemen di hadapan para penguji di Kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, di Depok, Jawa Barat, Selasa 10 Juli 2018.

"Selama ini memang ada dua pendapat, yang satu mengatakan bahwa family influence dalam bisnis keluarga berdampak positif, sedangkan yang lain mengatakan sebaliknya. Tetapi, studi saya membuktikan yang pertama," kata Okder.

Ada Investor Baru! 10,63% Saham VKTR Diborong Senilai Rp 465 Miliar

Menurut Okder, penelitian ini menggunakan teknik structural equation model (SEM) dengan melibatkan 106 responden. Responden tersebut merupakan direksi, CEO dan manajemen senior anak-anak perusahaan yang berada di bawah 16 induk usaha (holding company).

"Responden penelitian ini mencakup direksi dan manajemen senior di unit-unit bisnis di Blue Bird Group, MNC Group, Sinar Mas Group, Kalbe Group, Bakrie Group, dan perusahaan-perusahaan keluarga lainnya," urainya.

Lebih lanjut, Okder mengatakan, terdapat tiga dimensi penting yang membentuk family influence dalam sebuah bisnis keluarga. Yaitu, kekuatan keluarga (family power), pengalaman keluarga (family experience), dan budaya keluarga (family culture).

"Ketiga hal tersebut, bersama dengan pola pola asuh induk usaha terhadap unit-unit usahanya, memengaruhi tingkat entrepreneurial orientation dan kinerja family business secara keseluruhan," terangnya.

Wakil Direktur Utama BNBR, Anindra Ardiansyah Bakrie, dan Direktur Keuangan BNBR, Roy Hendrajanto M. Sakti, usai menggelar RUPSLB BNBR di Bakrie Tower, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 28 November 2024

80 Tahun di Industri Manufaktur, BNBR Siap Rambah 3 Bisnis Baru Ini

PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) membeberkan strategi bisnis jangka pendek dan menengah usai sukses merampungkan restrukturisasi utang dan memperbaiki kondisi keuangan.

img_title
VIVA.co.id
28 November 2024