MRT Jakarta Belum Bisa Gunakan Kereta Produk PT Inka

Perkerja melintas di dekat kepala kereta MRT di Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – PT MRT Jakarta menyatakan siap melanjutkan fase II proyek Mass Rapid Transit atau MRT rute Bundaran HI-Kampung Bandan. Proyek MRT fase I, yakni rute Lebak Bulus-Bundaran HI, hampir rampung atau mencapai angka kemajuan 94 persen.

MRT Jakarta Terapkan Tarif Rp1 dan Jam Operasional Hingga Tengah Malam Khusus Tahun Baru 2025

Menurut Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar, investasi yang telah dikeluarkan untuk proyek fase I mencapai Rp16 triliun. Sedangkan pada fase II, sudah diperoleh persetujuan bahwa investasi akan digelontorkan sebesar Rp22,5 triliun.

Jika proyek MRT fase II itu selesai, kata William, MRT Jakarta akan terhubung seluruhnya mulai dari Lebak Bulus-Bundaran HI-Kampung Bandan. Fase II rute Bundaran HI-Kampung Bandan akan dimulai atau groundbreaking pada Desember 2018.

Hore! MRT Beroperasi Sampai Jam 2 Pagi Kalau Mau Tahun Baru Sudirman-Thamrin

Jika fase I panjang jalurnya adalah sepanjang 16 kilometer, pada fase II sepanjang 8,3 kilometer. Invetasinya masih berasal dari Jepang dan seluruh Fase II akan menggunakan jalur bawah tanah.

“Rencananya dari Jepang juga (investasinya), karena lebih mahal, jalurnya dari bawah tanah semua, dan lebih dalam," katanya di kawasan Senayan, Jakarta, pada Senin 11 Juni 2018.

Naik MRT-LRT dan Transjakarta Gratis pada 31 Desember 2024 hingga 1 Januari 2025

Ketika ditanya soal ketertarikan MRT Jakarta menggunakan produk dalam negeri seperti dari PT Inka, William mengaku masih akan mempertimbangkan. Meski begitu, dia menyebut keputusan masih bergantung dari pemilik dana jangka panjang, yakni Jepang yang mensyaratkan harus memakai teknologi Jepang.

"(rencana pakai kereta Inka) itu kita explore terus-menerus. Karena, memang pendanaan masih Jepang dan persyaratan Jepang kalau teknologi, (harus) pakai teknologi Jepang. Tapi terus-menerus kita minta (teknologi) dari kita (Indonesia),” ujarnya.

Suasana di dalam Stasiun MRT

Bayar KRL hingga MRT Sebentar Lagi Bisa Pakai QRIS

Bank Indonesia (BI) akan mengimplementasikan QRIS berbasis Near Field Communication (NFC) atau QRIS Tap untuk transportasi publik, seperti MRT dan KRL.

img_title
VIVA.co.id
15 Januari 2025