SC Munaslub Golkar Siapkan Syarat bagi Kandidat Ketua Umum

Rapat Pengurus Pleno Golkar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Setelah rapat Pleno Partai Golkar menyepakati bahwa Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Golkar akan dilaksanakan pada tanggal 7 Mei 2016 di Bali, giliran panitia munaslub atau steering committee (SC) yang melakukan rapat teknis siang ini.

SK Menkum HAM Terbit, Yasonna Ingatkan Golkar Wajib Munaslub

Rapat panitia akan membahas syarat pemilihan calon ketua umum partai. "Siang ini kami rapat. Pimpinan SC sudah siapkan berbagai gagasan yang sudah disampaikan saat rapat pleno sebelumnya untuk mewujudkan Munaslub yang demokratis, rekonsiliatif dan bersih," kata Sekretaris SC Partai Golkar, Agun Gunanjar saat dihubungi, Senin, 11 April 2016.

Agun menjelaskan, tugas SC bukan hanya menyiapkan operasional Munaslub Golkar, namun juga menyusun syarat-syarat bagi kandidat ketua umum. "Ada syarat objektif dan subjektif," ujarnya soal syarat bagi calon pengganti Ketua Umum Aburizal Bakrie (ARB) tersebut.

Caketum Golkar Diusulkan Wajib Laporkan Hartanya

Dia menambahkan, agar pemilihan ketua umum bisa berjalan dengan baik, maka SC akan membentuk beberapa komite salah satunya adalah Komite Verifikasi. Komite itu akan dibentuk untuk menguji keabsahan kandidat dan melakukan verifikasi atas persyaratan yang ditetapkan.

Selain itu SC akan membentuk Komite Pemilihan Ketua Umum dan Komite Etik untuk menentukan sanksi bagi pelanggaran yang dilakukan di Munaslub mendatang. "Supaya Munaslub ini terjamin, terjadi kompetisi sehat dan untuk menghindari terjadinya politik uang."

Panitia Munaslub Golkar Janji Bakal Transparan

Sementara, komposisi nama-nama susunan panitia rencananya akan disampaikan setelah rapat hari ini diselenggarakan.

(mus)

Nurul Arifin (kanan), Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini Partai Golkar.

Nurul Arifin: PDIP Jangan Cemburu Golkar Dukung Pemerintah

Golkar mendukung pemerintahan Jokowi dan JK.

img_title
VIVA.co.id
21 Mei 2016