Catatan Komisi VIII soal Minus Penyelenggaraan Ibadah Haji

Ratusan Jemaah Haji Menanti Keberangkatan Kepulangan ke Tanah Air
Sumber :
  • VIVAnews/Umi Kalsum

VIVA.co.id – Wakil Ketua Komisi VIII, Sodik Mudjahid menilai bahwa persiapan haji tahun ini masih bermasalah. Dari kunjungan ke Arab Saudi, Sodik mengatakan bahwa salah satu yang menjadi masalah penting adalah masih lemahnya aspek keamanan bagi para jemaah haji.
 
"Komisi VIII mendesak Kementerian Agama untuk advise dan bekerja sama dengan TNI-Polri," kata Sodik soal aspek keamanan itu di Gedung DPR, Jakarta, Senin 11 April 2016.

Hasil Macau Open 2024: Dejan/Gloria dan Sabar/Reza Tembus Final

Sodik menjelaskan bahwa Kementerian Agama harus belajar dari peristiwa Mina tahun lalu. Selain adanya potensi insiden di Arab Saudi, jemaah haji kata dia juga kerap tidak bisa diidentifikasi keberadaannya saat di Tanah Suci.
 
"Persiapan perlindungan dan keamanan jemaah masih sangat lemah. Belum ada skema sama sekali terhadap upaya perlindungan dan keamanan jemaah," tambahnya.

Selain itu, Politikus Partai Gerindra ini juga menunjukkan kelemahan lain dalam hal penyelenggaraan ibadah haji antara lain pengadaan catering bagi jemaah yang masih belum berkualitas. Selain itu, transportasi bagi jemaah haji belum memenuhi aspek aman dan nyaman.

Membangun Jakarta dengan Teknologi dan Kolaborasi

Komisi VIII juga menyayangkan adanya peningkatan tarif dari Muassasah yaitu lembaga swasta di bawah Kementerian Haji Arab Saudi yang ditugaskan mengkoordinir jemaah dari berbagai negara di dunia.   

"Muassasah minta kenaikan general service fee (GSF) sebesar 300 persen. Komisi VIII minta tim untuk melakukan negosiasi yang ketat dengan pihak Muassasah," ungkapnya.

Anindya Bakrie: Kadin Siap Jadi Mitra Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Ekonomi 8 Persen

Sodik menambahkan, Komisi VIII dalam kunjungan ke Arab Saudi juga sengaja mengundang Duta Besar RI di Riyadh. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan peran duta besar agar bisa melobi pemerintah Kerajaan Arab Saudi untuk memperhatikan jemaah haji asal Indonesia.

"Agar Kerajaan Arab Saudi bisa menekan Muassasah untuk tidak menaikkan harga dengan semena-mena," tegas Politikus Partai Gerindra ini.

Jemaah Haji Indonesia

Evaluasi Keuangan Haji Perlu Banyak Klarifikasi

Oleh karena itu pembahasan dilanjutkan pada masa sidang selanjutnya.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2016