Pengamat Ingatkan Layanan "Lapor Mas Wapres" Jangan Hanya Gimik Politik

Suasana ruang pengaduan Lapor Mas Wapres bagi masyarakat yang ingin mengajukan pengaduan di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin, 11 November 2024.
Sumber :
  • ANTARA/Mentari Dwi Gayati

Jakarta, VIVA - Pengamat politik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Ardli Johan Kusuma mengatakan layanan "Lapor Mas Wapres" merupakan langkah yang baik karena bisa membuka kran partisipasi masyarakat.

Hari Pertama Lapor Mas Wapres, Total Ada 55 Aduan

"Dengan kanal aduan ini tentu harapannya masyarakat dapat memberikan aspirasinya, dan Istana dapat menangkap aspirasi tersebut," kata Ardli di saat dihubungi di Jakarta, Senin, 11 November 2024.

Menurut dia, layanan dari Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka ini menjadi langkah baik dalam penyelesaian masalah ataupun dalam perumusan kebijakan yang akan dilakukan oleh Istana.

Hambatan Struktural-Budaya Masih Batasi Partisipasi Perempuan dalam Politik, Menurut Peneliti

Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka di Rakor (Doc: Kemendikdasmen)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Ia mengatakan pembukaan kanal tersebut diharapkan benar-benar langkah kongkrit untuk membuka sekat antara masyarakat dan pemerintah dalam hal ini Presiden dan Wakil Presiden.

Surya Paloh Targetkan 100 Kader NasDem Menang Pilkada 2024

"Jangan sampai langkah ini hanya sekedar gimik politik untuk menaikkan branding elit tertentu. Namun demikian langkah ini perlu didukung terutama terkait realisasinya," katanya.

Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka saat menjabat sebagai Wali Kota Surakarta pun pernah membuka layanan laporan terbuka. Saat itu layanan tersebut dinamakan "Lapor Mas Wali".

Mulai Senin, 11 November 2024, Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka membuka posko layanan aduan masyarakat yang dinamai "Lapor Mas Wapres". Melalui layanan ini, masyarakat bisa membuat laporan kepada Gibran melalui dua cara.

Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka menampilkan suratnya ke Mendikbud

Photo :
  • Antara

Pertama, masyarakat bisa langsung datang ke Istana Wapres di Jalan Kebon Sirih No 14, Jakarta Pusat. Layanan dibuka pada hari Senin - Jumat pukul 08.00 sampai 14.00 WIB.

Cara kedua, masyarakat bisa membuat laporan ke nomor WhatsApp 08111 704 2207. (ant)

[dok. Humas PT ASDP Indonesia Ferry (Persero )]

ASDP Angkut 779 Ribu Penumpang dan 722 Ribu Kendaraan Per September 2024

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) melaporkan, hingga September 2024, telah mengoperasikan 220 kapal yang melayani 311 lintasan di seluruh Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
11 November 2024