Jika Jadi Wagub Jakarta, Rano Karno Bakal Buat SPBU Apung untuk Warga Kepulauan Seribu

Rano Karno Debat Kedua, Calon Gubernur dan Wakil DKI JAKARTA 2024
Sumber :
  • Youtube KPU DKI

Jakarta, VIVA – Calon wakil gubernur nomor urut 3, Rano Karno alias Si Doel mengatakan bahwa dirinya akan membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) apung di wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta. Hal itu untuk mengatasi permasalahan transportasi antar pulau yang ada di Kepulauan Seribu.

Polisi Kawal Ketat Distribusi Surat Suara Pilkada 2024 ke Kabupaten Puncak Jaya Papua

Rano Karno menjelaskan hal tersebut ketika mengikuti debat kedua Pilgub Jakarta, di Beach City International Stadium (BCIS), Ancol, Jakarta Utara, Minggu 27 Oktober 2024

Rano sempat menuturkan dirinya telah menyambangi dua pulau di Kepulauan Seribu yaitu Pulau Bidadari dan Ujung Jawa. Ia mendapatkan bahwa warga Kepulauan Seribu memiliki permasalahan terkait transportasi laut dan air bersih.

Seru! Rano Karno Vs Dharma Pongrekun soal Kebijakan Terhadap Masyarakat Baduy

Cagub dan cawagub Jakarta, Pramono Anung-Rano Karno deklarasi pemilu damai

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

Pemeran utama film Si Doel Anak Sekolahan itu, mengatakan permasalahan utama warga Kepulauan Seribu adalah sulitnya mendapatkan solar untuk menggunakan alat transportasi antar pulau.

"Jadi bagaimana bisa mereka bisa menggunakan alat transportasinya kalau solarnya tidak ada," ujar Rano.

Maka itu, jika dia terpilih menjadi Wakil Gubernur Jakarta, dia akan membangun SPBU apung di wilayah Kepulauan Seribu. "Kalau kami besok menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur yang dibilang SPBU akan kami bangun kembali SPBU apung," kata Rano.

Lebih lanjut, terkait air bersih, Rano mengungkapkan bahwa ia pernah memberdayakan warga Bayah di Banten untuk menanam rumput laut. 

Untuk diketahui, budi daya rumput laut bisa menjadi sumber air bersih bagi masyarakat pesisir melalui pengeringan rumput laut dengan model "solar tunnel drying" atau pengeringan matahari.

Kadar air rumput laut segar sekitar 90-95%. Penguapan air 55 - 60% untuk mendapatkan rumput laut kering dengan kadar 35% membantu masyarakat pesisir mendapatkan sumber air bersih untuk masak dan minum.

"Masalah air bersih itu saya paham tentang rumput laut karena kebetulan di daerah Bayah Saya pernah menanam rumput laut," ujar Rano.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya