Survei Ethical Politics: Pramono-Rano 45,56%, RK-Suswono 30%, Dharma-Kun 8,47%

Tiga bakal calon gubernur Jakarta, Dharma Pongrekun (kiri), Ridwan Kamil (tengah) dan Pramono Anung (kanan)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Jakarta, VIVA – Ethical Politics merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas pasangan calon Gubernur Jakarta 2024. Hasilnya, pasangan Pramono Anung dan Rano Karno meraih tingkat keterpilihan paling tinggi sebesar 45,56 persen 

Ridwan Kamil Ungkit Pengalaman soal Survei: Dulu Cuma 6%, tapi Berakhir 45%

Kemudian disusul pasangan Ridwan Kamil (RK)-Suswono 30 persen dan Dharma-Kun 8,47 persen. Sedangkan undecided voters atau swing voters 15,97 persen.

Dalam survei tersebut, Konsultan Komunikasi Politik, Ethical Politics bekerja sama dengan perusahaan survei Astra Buana Sendhang Pranawa.

15 Persen Swing Voters di Pilkada Jakarta adalah "Anak Abah" dan "Ahokers’, Menurut Ethical Politics

Penelitian ini menganalisa 1.240 responden yang tersebar di seluruh kota administrasi DKI Jakarta termasuk Kepulauan Seribu. 

Data diambil dalam kurun 1-10 Oktober 2024 dan terus melalui validasi bertahap untuk mendapatkan hasil yang objektif dan solid dengan tingkat kepercayaan di atas 95 persen dan margin error 2,78 persen.

Persepi Akan Panggil LSI soal Survei Pilkada Jakarta 2024

Tiga calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil, Dharma Pongrekun dan Pramono Anung

Photo :
  • Repro

“Hasilnya, paslon 03 Pram-Doel meraih tingkat keterpilihan sebesar 45,56 persen di posisi pertama disusul Paslon 01 RK-Suswono 30 persen dan Paslon 02 Dharma-Kun 8,47 persen sementara undecided voters atau swing voters 15,97 persen,” kata Direktur Eksekutif Ethical Politics, Hasyibulloh Mulyawan dalam keterangannya, Sabtu, 26 Oktober 2024.

Ia menyebut undecided voters diduga masih mewakili suara anak abah dan ahokers. Jika 

“Dalam instrumen penelitian ini kami juga membedah distribusi suara tingkat keterpilihan dimana 15,97 persen swing voters masi mewakili ‘anak abah’ dan ‘ahokers’ serta gerakan coblos semua, dimana pada instrumen diyakini menang didapatkan hasil Pram-Doel 57,34 persen, RK-Suswono 32,5 persen, dan Dharma-Kun 10,16 persen,” kata Hasyibulloh Mulyawan. 

Merespon survei ini, juru bicara Dharma-Kun, Leni Siregar, menyambut positif dan menilai survey ini paling real dan diyakini benar oleh pasangan calon 02.

“Kami menyambut baik hasil survey ini, dan yakin bahwa ini real dan objektif. Apalagi Bang Dharma rajin turun berdialog dengan masyarakat dan ini sangat luar biasa untuk pendatang baru kami yakin terus meningkat sebulan ini,” kata Leni.

Dalam kesempatan itu, juru bicara pasangan calon nomor urut 3, Chico Hakim mengapresiasi hasil survei tersebut dan tidak akan lengah terus bekerja melihat Paslon RK-Suswono masih unggul di kalangan pelajar, 

“Survei Psikologi Politik ini memberi warna baru untuk survei elektabilitas yang selama ini ada. Tentu kami apresiasi tapi kami tidak akan lengah dengan hasil survei ini apalagi pasangan RK-Suswono masih unggul di kalangan pelajar ini PR besar bagi kami,” kata Chico.

Menurut Chico, hasil survei ini menegaskan konsistensi tren kenaikan elektabilitas Pram dan Doel yang sebelumnya bisa dilihat dari survei pertama LSI, survey pertama Poltracking, survei pertama Charta Politika yang dipublikasikan sepanjang bulan September 2024

“Konsisten juga dengan trend kenaikan elektabilitas Dharma - Kun, dan tren elektabilitas penurunan untuk RK - Suswono,” kata Chico.

Chico mengatakan, walaupun hasil survei ini sudah diprediksi karena sesuai dengan kerja keras paslon dan tim, tapi tetap tidak membuat timses Pramono-Rano merasa dalam posisi aman. Sebab dalam politik semua situasi lentur dan dinamis.

“Kami tetap akan terus bekerja keras untuk memenangkan hati warga Jakarta untuk menuju kemenangan satu putaran,” pungkas Chico.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya