Pramono Anung Akan Siapkan Dana Hibah Rp 300 Miliar untuk Pelaku UMKM

Cagub Jakarta nomor urut 3 Pramono Anung
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Jakarta, VIVA - Calon Gubernur Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung, akan menyiapkan dana hibah sebesar Rp 300 miliar untuk membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM. Menurut Pramono, problem utama usah kecil sejauh ini adalah permodalan.

Program Makan Bergizi dan Sekolah Gratis Jadi Prioritas APBD DKI 2025

Hal itu diungkapkan Pramono, saat menjawab pertanyaan seorang warga yang menanyakan program bagi UMKM saat berdialog dengan warga rumah susun Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Saya akan mengalokasikan dari dana APBD yang ada untuk hibah bagi UMKM sebesar Rp 300 miliar," ujar Pramono kepada wartawan di Jakarta, Jumat, 25 Oktober 2024.

Elektabilitas Ridwan Kamil Ungguli Pramono karena Tiga Program Andalan, Menurut Poltracking

Mantan Sekretaris Kabinet era Presiden ke-7 Joko Widodo itu mengatakan, bahwa UMKM adalah penopang ekonomi Jakarta. Bahkan berkat UMKM, pemerintah Indonesia bisa survive saat dilanda pandemi COVID-19 lalu.

"Waktu itu saya masih jadi menteri sehingga itulah yang menyelamatkan pertumbuhan ekonomi kita," ungkap Pramono.

Elektabilitasnya Naik Pasca Debat Pertama, RK: Kalau Hasilnya Bagus, Jangan Lengah

Di sisi lain, Pramono menegaskan bahwa karena dana tersebut bersifat hibah maka harus dipertanggungjawabkan. Karena ini bagian dari perputaran untuk membantu dan menstimulasi. Dengan begitu, UMKM yang membutuhkan ada perlindungan dari pemerintah.

Terkait dana hibah untuk pelaku UMKM ini kembali disinggung oleh Pramono usai berkeliling Blok A Pasar Tanah Abang. Ia menyatakan dana hibah tersebut diperuntukkan bagi UMKM menengah ke bawah.

"Inikan UMKM yang menengah. Sebenarnya mereka masih bisa bertahan, tetapi memang fasilitas, promosi dan sebagainya harus dibantu oleh pemerintah Jakarta. Dan saya akan lakukan kalau saya (terpilih sebagai Gubernur)," jelas Pramono.

Bazaar UMKM BRILian

Kelompok Petani Durian di Pekalongan Makin Berkembang Berkat Pemberdayaan BRI

BRI memiliki komitmen untuk terus mendampingi dan membantu pelaku UMKM lewat program Klasterku Hidupku.

img_title
VIVA.co.id
25 Oktober 2024