Alasan DPR Cuek dengan RUU Perampasan Aset Karena Tidak Masuk Prolegnas

Sidang Paripurna DPR RI
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA - Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, Bob Hasan mengaku pihaknya sedang fokus menyusun dan menyelaraskan program legislasi nasional (prolegnas) prioritas.

DPR Baru Gelar Rapat dengan Para Menteri Prabowo Pekan Depan

Beberapa rancangan Undang-undang (RUU) masuk dalam daftar prolegnas prioritas itu, namun belum ada untuk RUU Perampasan Aset.

"Itu (RUU Perampasan Aset) belum masuk ke kami, belum, belum masuk," kata Bob Hasan dikutip pada Kamis, 24 Oktober 2024.

Kata Yusril Langkah Jokowi Sudah Tepat Serahkan Nama Capim KPK ke DPR

Menurut Bob, RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT) masuk dalam daftar prolegnas. Rencananya, RUU PPRT dan RUU yang lainnya akan dilakukan penyelarasan hingga November 2024.

"Itu sudah masuk dalam daftar-daftar agenda kita, kurang lebih itu pertengahan November nanti sudah ada masuk," kata Bob Hasan.

Benny Harman: Belum Ada Kesepakatan soal Pimpinan AKD DPR

Bob Hasan mengatakan pihaknya sudah melakukan rapat pleno terkait penetapan jadwal dan rencana kerja Baleg DPR ke depannya. Rencana kerja Baleg antara lain rapat dengar pendapat umum (RDPU), rapat kerja dengan mitra-mitra Baleg, pembentukan panja dan kegiatan lainnya.

"Sekarang ini yang prioritas itu Prolegnas, penyusunan Prolegnas-nya terlebih dahulu. Tetapi di dalam prolegnas itu tadi ada keterangan, ada beberapa RUU yang nanti akan menjadi prioritas," imbuhnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menandatangani Surat Perintah Presiden (Supres) mengenai RUU Perampasan Aset terkait dengan tindak pidana.

Supres bernomor R-22/Pres/05/2023 telah dikirim ke DPR pada Kamis, 4 Mei 2023 untuk dilakukan pembahasan. Namun hingga kini, RUU tersebut belum dibahas parlemen dan pemerintah.

Ahmad Dhani dan Once Mekel

Ahmad Dhani dan Once Mekel Bersatu, Ini Daftar Artis di Komisi X DPR

Intip daftar artis yang mengisi kursi di Komisi X DPR RI 2024-2029. Ada siapa saja sih?

img_title
VIVA.co.id
23 Oktober 2024