Survei LSI Pilkada Jakarta: Elektabilitas Pramono-Rano Salip RIDO

Tiga bakal calon gubernur Jakarta, Dharma Pongrekun (kiri), Ridwan Kamil (tengah) dan Pramono Anung (kanan)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Jakarta, VIVA – Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei elektabilitas pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur di Jakarta. Hasilnya, setelah beberapa bulan tertinggal, kini pasangan nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno unggul dengan 41.6%

Pengamat: Secara Teori, Elektabilitas Wahono-Nurul Sulit Dikejar Teguh-Farida

LSI melakukan survei menggunakan metode multistage dengan toleransi kesalahan (margin of error) ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%, dengan asumsi simple random sampling. Sampel berasal dari seluruh Kota Administratif di Provinsi Daerah Khusus Jakarta yang terdistribusi secara proporsional.

Ilustrasi pilkada serentak 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito
Elektabilitas Naik, Khofifah-Emil sebagai Petahana Dinilai Punya Dukungan Kuat

Sampel sebanyak 1.200 orang. Teknik pengambilan jawaban dengan melakukan wawancara tatap muka. Survei dilakukan pada 10-17 Oktober 2024.

Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) Pilkada Jakarta 2024

Photo :
  • Istimewa
Elektabilitas Egi-Syaiful Unggul, Program untuk Generasi Muda Dinilai Jadi Faktor Utama

“Secara elektabilitas, Pram-Rano mendapatkan elektabilitas sebesar 41.6% menyalip RK-Siswono (RIDO) dengan 37.4% dan meninggalkan Dharma-Kun 6.6%” ujar Djayadi Hanan dalam keterangan resmi, Rabu 23 Oktober 2024.

Selain itu dari data yang ditampilkan oleh LSI menunjukan bahwa Pramono-Rano berhasil menguasai hampir seluruh daerah di DKI Jakarta

“Pasangan nomor urut 3 Pram-Rano hanya kalah di Jakarta Selatan. Untuk daerah lain seperti Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Timur dan Jakarta Utara Pram-Rano berhasil unggul” ungkapnya

Pramono-Rano memiliki peningkatan elektabilitas yang cukup signifikan dalam 1 bulan terakhir. Dari Survei LSI pada tanggal 6-12 September, mereka meraih elektabilitas sebesar 28.4% dan di survei kali ini meraih 41.6% atau mendapatkan peningkatan sebesar 13.2%.

Presiden Prabowo Subianto saat pelantikan menteri kabinet Merah Putih

Prabowo saat Ini Berada di Puncak Tertinggi Popularitas, Menurut LSI Denny JA

LSI Denny JA mencatat Presiden Prabowo Subianto berada di puncak tertinggi popularitas setelah bertahun-tahun menunggu untuk memegang palu dan pahat nasib bangsa.

img_title
VIVA.co.id
22 Oktober 2024