Dua Periode jadi Seskab, Bagaimana Penilaian Pramono Anung ke Mayor Teddy yang Gantikannya?

Presiden RI Prabowo Subianto dan Seskab Mayor Teddy Indra Wijaya (kanan).
Sumber :
  • YouTube Setpres

Jakarta, VIVA – Presiden Prabowo Subianto, menunjuk Mayor Teddy Indra Wijaya sebagai Sekretaris Kabinet atau Seskab pada Kabinet Merah Putih periode 2024-2029. Sebagai mantan seskab yang menjabat hampir 2 periode kepemimpinan Presiden RI ke-7 Jokowi, Pramono Anung punya penilaian.

Terpopuler: Sosok di Balik Maung MV3 Garuda dan Adu Banding dengan Mercedes

Pramono menilai, Mayor Teddy mampu menjalani tugas sebagai Sekretaris Kabinet di era Presiden Prabowo. Karena, lanjut dia, Mayor Teddy sudah memiliki pengalaman selama era pemerintahan Jokowi dan sekarang Prabowo.

"Tetapi saya yakin Pak Teddy Indra, sekarang karena udah jadi Seskab ya, Pak Teddy Indra ini pasti akan mampu untuk menjadi seskab yang baik karena pengalaman dia dua kali pernah apa, memberikan support untuk Pak Jokowi maupun Pak Prabowo," kata Pramono, dikutip Selasa 22 Oktober 2024.

Mayor Teddy Masuk Kabinet Jadi Sorotan Netizen

Mayor Teddy pernah menjadi salah satu asisten ajudan Jokowi. Sebelum menjadi ajudan Prabowo saat menjabat Menteri Pertahanan 2019-2024.

Pramono juga mendoakan agar Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran, dapat memberikan kontribusi yang besar bagi bangsa Indonesia selama lima tahun ke depan.

Jadi Wakil Menlu, Anis Matta Akan Lanjut Memperjuangkan Kemerdekaan Palestina

"Saya hanya mendoakan mudah-mudahan kabinet yang dipimpin oleh Pak Prabowo dengan menteri-menteri yang ada, sebagian besar menteri saya kenal pribadi, bisa memberikan kontribusi yang terbaik bagi bangsa dan negara," jelas politisi senior PDIP itu.

Mengenai Seskab tidak lagi setara menteri, Pramono mengaku tidak ingin ikut campur dalam urusan tersebut. Ia menegaskan bahwa hal itu merupakan kewenangan Prabowo Subianto sebagai Presiden RI.

"Untuk itu saya tidak mau mencampur tangan karena itu kewenangan sepenuhnya presiden," ujar Pramono, yang kini maju sebagai calon gubernur atau cagub di Pilgub Jakarta itu.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan posisi seskab pada pemerintahan Prabowo tak lagi setara dengan kementerian. Posisi eskab saat ini berada di bawah Menteri Sekretaris Negara.

"Untuk Sekretaris Kabinet sekarang ini struktur dan komposisinya berubah. Sekretaris Kabinet itu ada sekarang di bawah Mensesneg. Jadi, bukan setingkat menteri," kata Dasco.

Dasco menyebut mengenai itu diatur dalam Peraturan Presiden atau Perpres. Dengan demikian, Mayor Teddy juga tidak perlu pensiun dari TNI.

"Dalam Perpres disebutkan bahwa setinggi-tingginya eselon dua atau setinggi-tingginya berpangkat brigadir jenderal. Sehingga dalam jabatan tersebut, yang sama dengan yang di Istana yang diisi juga oleh TNI atau polisi, Mayor Teddy tidak perlu pensiun," kata Dasco, yang juga Wakil Ketua DPR RI itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya