Pertama Kali Dalam Sejarah, KPU Adakan Debat Cagub Papua Pegunungan

Debat Pertama Cagub Papua Pegunungan (Doc: istimewa)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Papua, VIVA – Debat perdana Pemilihan Gubernur (Pilgub) Papua Pegunungan 2024 sukses diadakan pada Sabtu, 19 Oktober 2024, di Wamena. Kegiatan ini diharapkan dapat menginformasikan program, visi dan misi dari para pasangan calon (paslon).

KPU Ungkap Tema Debat Kedua Pilgub Jakarta: Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial

Debat tersebut pun menjadi sejarah bagi KPU Papua Pegunungan dan Provinsi Papua Pegunungan karena telah berhasil mengadakan debat publik untuk pertama kalinya.

Sesuai pasal 19 ayat 1, KPU Provinsi memfasilitasi penyelenggaraan Debat Publik atau Debat terbuka antara pasangan calon paling banyak tiga kali. Debat pertama ini ditayangkan juga di televisi nasional, dan live streaming di platform digital Youtube dan Tiktok.

Antisipasi Kesalahan Saat Pilkada 2024, KPU Bali Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

“Debat pertama hari ini dimaksud untuk memberitahukan kepada masyarakat tentang proker, visi misi para paslon Provinsi Papua Pegunungan," kata Ketua KPU Papua Pegunungan, Daniel Jingga dalam pembukaan debat dikutip Senin, 21 Oktober 2024.

Siswa di Pegunungan Bintang, Papua

Photo :
  • instagram.com/ind_mengajar
KPU Gelar Debat Kedua Pilkada Jakarta 27 Oktober di Ancol

Daniel juga menyampaikan bahwa sosialisasi program dan visi misi para paslon dinilai penting, agar pemilih mengetahui paslon yang dianggap mampu membawa perubahan bagi Papua Pegunungan.

Debat antara dua paslon, Befa Yigibalom-Natan Pahabol dan John Tabo-Ones Pahabol berlangsung dinamis dengan pemaparan visi, misi, dan tanya jawab yang substansial. Para pendukung dari masing-masing paslon juga mengikuti kegiatan debat dengan tertib, kondusif, serta antusias.

Melalui debat ini, juga diharapkan masyarakat Papua Pegunungan dapat mewujudkan Pemilihan yang damai, lancar, demokratis dan berintegritas. Nantinya, debat Kedua akan dilaksanakan di Jayapura pada 2 November 2024. Kemudian debat ketiga pada 16 November 2024 di Jakarta.

KPU Provinsi Papua Pegunungan pun mengajak seluruh lapisan masyarakat Provinsi Papua Pegunungan, khususnya yang mempunyai hak memilih, untuk dapat berpartisipasi dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, 27 November 2024 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya