Silmy Karim Ungkap Prabowo Minta Dikaji soal Pembinaan Narapidana di Luar Lapas

Silmy Karim dipanggil Prabowo di Kartanegara
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA - Wakil Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan, Silmy Karim mengungkap bahwa Presiden Prabowo Subianto menaruh perhatian terhadap warga binaan, baik di rumah tahanan maupun lembaga pemasyarakatan. Dikatakannya, saat ini sedang dipertimbangkan pembinaan di luar rutan atau lapas seperti kerja sosial. 

Pramono Anung Bicara Kapasitas Mayor Teddy yang Gantikan Posisinya sebagai Seskab

"Sesuai dengan arahan dari Bapak Presiden dalam kegiatan salah satunya adalah di Kertanegara, beliau memberikan beberapa catatan salah satunya lebih fokus kepada hal kaitan dengan pemasyarakatan. Seperti dalam hal penggunaan narkoba, ataupun juga rencana-rencana yang sifatnya untuk mengoptimalkan peran pembinaan terhadap warga binaan," kata Silmy usai dilantik menteri di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Senin, 21 Oktober 2024.

Pelantikan Menteri Kabinet Merah Putih Presiden Prabowo Subianto

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa
Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni Punya Harta Rp 8,8 Miliar, Ini Rinciannya

Silmy menuturkan, saat ini sedang dibahas kemungkinan membina warga binaan tidak di dalam rutan atau lapas. Warga binaan, katanya, dapat menjalani pembinaan berupa kerja sosial seperti yang sudah diterapkan di sejumlah negara. 

"Ada hal-hal lain yang tentunya bisa mengoptimalkan juga pembinaan agar hasilnya itu seperti referensi di luar negeri, itu kan ada beberapa yang bisa kita lakukan juga di Indonesia. Seperti dalam hal bekerja ataupun juga yang lain-lain, yang di dalam koordinasi pembinaan," kata Silmy. 

Momen Veronica Tan Didampingi Putranya Nicholas Sean saat Dilantik Jadi Wakil Menteri PPPA

Silmy menekankan, pemidanaan berupa kerja sosial bukan berarti warga binaan tak berada di rutan dan lapas. Warga binaan bekerja di luar, tetapi pulang tetap ke rutan atau lapas. 

"Tetap kembalinya ke rutan atau di lapas tetapi misalnya sehari-hari itu melakukan pekerjaan di luar," ujarnya. 

Pembinaan di luar rutan dan lapas dapat menjadi salah satu solusi persoalan utama di rutan dan lapas di Indonesia, yakni overcrowding. Meski begitu, Silmy menyebut pembinaan di luar rutan dan lapas masih wacana yang perlu dikaji lebih mendalam.

"Ini masih wacana ya, masih kita lihat dulu kemungkinannya seperti apa. Tetapi yang jelas, Bapak Presiden semangatnya positif untuk hal ini," imbuhnya.

Menteri BUMN, Erick Thohir, saat tiba di Kementerian BUMN usai dilantik kembali menjadi Menteri BUMN di Kabinet Merah Putih pemerintahan Prabowo-Gibran, Senin, 21 Oktober 2024

Kembali Dilantik Jadi Menteri BUMN, Erick Thohir: Harus Bekerja Lebih Keras Lagi

Erick Thohir kembali dilantik sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam Kabinet Merah Putih di pemerintahan Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
21 Oktober 2024