Jokowi Blak-blakan soal Agenda Hari Pertama Usai Tak Menjabat Presiden

Warga sambut kepulangan Jokowi di depan kediaman pribadinya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo, VIVA - Presiden ke-7 RI, Joko Widodo atau Jokowi telah tiba di kediaman pribadinya di Solo, Jawa Tengah pada Minggu, 20 Oktober 2024. Jokowi pulang ke Solo bersama dengan isrinya, Iriana Jokowi setelah purnatugas dari jabatannya sebagai Presiden RI selama dua periode. Kini, jabatan tersebut diserahkan kepada Prabowo Subianto sebagai Presiden dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden RI.

Jokowi Disambut Meriah Warga Solo, Diarak Rantis hingga Bagi-bagi Kaos

Kepulangan Jokowi ke kediaman pribadinya di Jalan Kutai Utara No 1, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo disambut meriah ribuan warga yang memadati di sepanjang rute kepulangan mulai dari Bandara Adi Soemarmo, Boyolali hingga Solo. Lautan manusia menyambut kepulangan Jokowi usai masa tugasnya sebagai Presiden selesai pada hari Minggu, 20 Oktober 2024.

Jokowi dan Iriana pulang ke Solo dengan menumpang Pesawat TNI AU. Kepulangan Jokowi itu diantar oleh Panglima TNI Jenderal Agus Sudibyo, dan Kapolri Jendera Listyo Sigit Prabowo. Pesawat yang membawa rombongan Presiden ke-7 RI itu mendarat di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali sekitar pukul 16.00 WIB.

Pedagang Ketiban Berkah Sambut Kedatangan Jokowi di Solo Usai Lengser

Setelah itu, Jokowi dan Iriana naik mobil Pindad Maung menuju kediaman pribadinya di Sumber, Solo. Hanya saja, untuk perjalanan pulangnya itu tidak mudah karena harus menembus ribuan warga yang tumpah ruah menyambut kepulangan mantan orang nomor satu di republik ini. Saking ramainya penyambutan, mobil yang ditumpangi Jokowi baru sampai di kediaman sekitar pukul 19.24 WIB.

Warga sambut kepulangan Jokowi di depan kediaman pribadinya.

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)
Maju Pilgub Jateng, Pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin Ikut sambut Kepulangan Jokowi di Solo

Melihat antusiasme ribuan warga yang menyambut kepulangannya, Presiden ke-7 RI Jokowi pun angkat bacara. Menurutnya, warga yang tumpah ruah menyambut kepulangannya itu sangat mengejutkan. Pasalnya, selama menjabat sebagai Presiden selama dua periode jika pulang ke Solo dari bandara itu hanya membutuhkan waktu tak kurang dari 15 menit.

“Ya saya kira ini mengejutkan. Karena biasanya saya dari bandara ke rumah hanya 15 menit, enggak lebih. Ini tadi 3,5 jam lebih malah hampir 4 jam,” kata Jokowi di Jalan Kutai Utara No 1, Sumber, Banjarsari, Solo, pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Dalam kesempatan itu, mantan Wali Kota Solo itu mengucapkan terima kasih kepada ribuan warga yang rela menunggu lama untuk menyambut kepulangannya ke Solo. Mereka berdiri di pinggir jalan untuk menanti kepulangan Jokowi mulai keluar dari Bandara Adi Soemarmo, Boyolali hingga Sumber, Solo.

“Ya saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih atas seluruh sambutan masyarakat yang telah diberikan dan dukungan yang diberikan kepada saya,” ucapnya.

Lantas, ketika disinggung lamanya berdiri di atas mobil Pindad Maung untuk menyapa warga di sepanjang rute perjalanan kepulangannya ke Solo, Jokowi mengaku tidak merasa lelah meskipun harus berdiri hingga tiga jam lebih. “Enggak (lelah), sudah biasa, biasa, biasa,” ujarnya. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku agenda pertama yang ingin dilakukannya setelah pulang kembali ke Solo usai purnatugas adalah beristirahat. “Kan sudah saya sampaikan, mau tidur. Masa 10 tahun kita bekerja keras untuk negara dan ini purnatugas, barang sehari dua tidur,” kata dia.

Selain berisitirahat, Jokowi yang mantan Wali Kota Solo itu juga ingin melakukan silaturahmi dengan keluarga dan teman sejawat. “Ya ketemu saudara-saudara dulu. Banyak agenda,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya