Diwakili Puan, Megawati Absen Pelantikan Prabowo karena Terkena Flu

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Gianyar, VIVA - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto membenarkan ada instruksi langsung dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri untuk kadernya yang duduk di legislatif agar menghadiri pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto, Minggu, 20 Oktober 2024.

Netizen Komentari Kombinasi Usia Prabowo dan Gibran yang Unik

Hasto bilang instruksi itu agar anggota legislatif PDIP dilarang ke luar kota dan mesti hadir dalam pelantikan Prabowo.

“Ya memang kami, Ibu Mega telah mengeluarkan instruksi secara langsung bahwa seluruh anggota legislatif dari PDI Perjuangan dilarang untuk keluar kota dan semua harus hadir di dalam proses yang konstitusional berkaitan dengan pelantikan Bapak Prabowo selaku Presiden,” kata Hasto di Gianyar, Bali, dikutip Minggu, 20 Oktober 2024.

Sambut Tamu Negara pada Pelantikan Presiden, Angkasa Pura Atur Relokasi Pesawat di Bandara Soetta

Hasto menegaskan, PDIP menghormati pelantikan Presiden Prabowo, meskipun Megawati berhalangan hadir. Dia juga mengungkapkan kondisi Megawati sedang flu selepas melakukan kunjungan kerja ke luar negeri, Rusia dan Uzbekistan.

“Ini sesuatu momentum kenegaraan yang juga dihormati oleh PDI Perjuangan. Seperti kita lihat kemarin pada saat Ibu Mega hadir di dalam promosi doktor saya. Beliau pun kan juga menggunakan masker," lanjut Hasto. 
"Karena memang setelah pulang dari Rusia, Uzbekistan kemudian melihat polusi yang begitu besar, dan kemudian semacam alergi debu. (Jadi flu) Seperti itu,” jelasnya.

Tarif LRT Jabodebek Rp 1 Saat Prabowo-Gibran Dilantik, Simak Ketentuannya

Megawati Didampingi Puan Maharani Menuju Istana Apostolic Vatikan

Photo :
  • PDIP

Meski tak akan hadir saat pelantikan Prabowo, Megawati masih menyempatkan diri untuk menerima tamu-tamu dari negara lain, yang meminta waktu bertemu dengannya pada hari ini. Kata dia, para tamu itu datang ke Indonesia untuk hadir di pelantikan Prabowo. Namun, sebagian dari mereka, ada yang ingin menemui Megawati dulu.

“Kemudian Ibu Mega juga menerima banyak tamu-tamu negara yang ikut menghadiri acara pelantikan Pak Prabowo,” sambung Hasto.

Karena itu, Hasto menyatakan, kehadiran Megawati akan diwakili oleh Puan Maharani selaku Ketua DPR RI. Bagi PDIP, hal itu adalah bentuk penghormatan lantaran Puan selaku Ketua DPR dan representasi PDIP.

“Karena itu, kehadiran Ibu Mega nanti diwakili oleh Mbak Puan Maharani selaku Ketua DPR RI dan juga representasi dari seluruh anggota legislatif dari PDI Perjuangan,” jelas dia.

Hasto menegaskan, sebenarnya Megawati juga berencana hadir di pameran tunggal Butet Kartaredjasa. Namun, karena banyak menerima tamu sehingga tak bisa hadir.

“Tamu-tamu negara yang akan hadir dalam pelantikan Pak Prabowo juga secara khusus mengadakan courtesy call dengan Megawati Soekarnoputri, sehingga beliau hari ini banyak menerima tamu-tamu dari negara lain,” sebutnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya